Share

Mobil Listrik Beroda Tiga Ini Bisa Jangkau 100 Km Sekali Charge

Pius Mali, Okezone · Rabu 02 Desember 2015 03:31 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 02 15 1259297 mobil-listrik-beroda-tiga-ini-bisa-jangkau-100-km-sekali-charge-xEcjHSUKDY.jpg Shenghao Q5, kendaraan roda tiga bertenaga listrik buatan China (Carnewschina)

BEIJING - Penggunaan kendaraan roda tiga yang berdimensi kecil merupakan salah satu solusi transportasi kota yang padat. Hal tersebut mendorong sebuah perusahaan automotif China, Jinxiang Qianyuan Electric Vehicle Corporation, untuk membangun tricycle bertenaga listrik yang diberi nama Shenghao Q5.

Angkutan ramah lingkungan itu nantinya akan masuk dalam kategori low-speed electric vehicle (LSEV) karena hanya bisa digunakan di dalam kota dengan kecepatan tak lebih dari 45 kilometer per jam. Demikian dikutip dari Carnewschina, Rabu (2/12/2015).

Sumber tenaga berasal dari motor listrik bertenaga 1,07 hp yang didukung oleh tenaga baterai 72 volt. Shenghao Q5 hanya mampu dipacu dengan kecepetan maksimum 45 kilometer per jam. Dalam kondisi baterai penuh, mobil ini dapat digunakan sejauh 100 kilometer.

Tampilan luarnya terlihat unik dengan desain yang membulat dan menggunakan empat pintu. Kacanya terlihat besar sehingga bagian dalam kabin terlihat jelas. Bodi dilabur warna putih kombinasi merah dengan beragam stiker mulai dari tulisan hingga gambar seseorang pria bernama Chen Hanbai, seorang pelawak terkenal China.

Di depan terdapat grille yang diapit lampu utama dan sein. Di belakang, embelem Q5 terlihat seperti yang digunakan pada mobil Audi. Bagian atapnya dilengkapi dua sunroof.

Interior mobil ini didominasi warna putih. Posisi kemudi berada di sebelah kanan dengan jok pengemudi yang dibuat sedikit lebih maju dibandingkan kursi penumpang depan. Di belakang terdapat kursi yang juga dapat menampung dua penumpang.

Mobil ini tak dilengkapi AC, hanya ada sebuah kipas yang ditempel pada pilar B untuk mengurangi panas kabin. Untuk hiburan, Shenghao Q5 dilengkapi radio yang memiliki konektivitas USB untuk memainkan musik dari iPhone.

Mobil listrik Shenghao Q5 dibanderol sangat murah, yakni mulai 7.000 yuan atau sekira Rp15,12 juta.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini