Share

Cara Membersihkan Pelek Mobil Usai Libas Genangan Air

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 02 Desember 2015 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 01 15 1259201 cara-membersihkan-pelek-mobil-usai-libas-genangan-air-QiUrpNIWQp.jpg Cara Membersihkan Pelek Mobil Usai Libas Genangan Air (Foto: Ilustrasi Dedy)

JAKARTA - Musim hujan saatnya mobil sering dibersihkan, apalagi sehabis melintasi genangan air di jalan raya. Salah satu bagian mobil yang harus dibersihkan adalah pelek. Bila dibiarkan kotor dan tidak dibersihkan maka lama kelamaan pelek akan terlihat kusam atau bahkan menimbulkan korosi.

Menurut Dedy Lim, CEO Dcar Industries, distributor Rota Wheel di Indonesia, membersihkan pelek mobil pada saat tidaklah sulit.

"Untuk merawat pelek mobil yang telah digunakan sehabis hujan dapat langsung disiram dengan air bersih untuk membuang kotoran pasir dan lainnya yang dapat merusak warna pelek. Kemudian gunakan sabun khusus dan langsung dikeringkan sehingga tidak menimbulkan bercak atau noda pada pelek," terang dia.

Selain dibersihkan, lanjut Dedy, cara pengemudi berkendara saat hujan juga harus diperhatikan. Pilihlah jalan yang tidak rusak, bila terpaksa jalanlah dengan perlahan untuk menghindari pelek menjadi peyang.

"Pada umumnya yang harus diperhatikan pada musim penghujan adalah lebih memperhatikan cara mengemudikan kendaraan, misalnya tidak langsung melindas genangan air yang kita tidak tahu apakah genangannya dalam atau tidak yang akan membuat pelek kita menjadi peyang atau rusak karena benturan. Selain itu karena faktor hujan yang lebat hendaklah kita menjaga jalur yang kita lewati untuk tidak terlalu dekat dengan trotoar supaya bibir pelek tidak tergores trotoar," terang dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini