Share

Habiskan Rp200 Juta, Cat Mobil Ini Bisa Berubah jika Disiram Air

Pius Mali, Okezone · Senin 30 November 2015 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 30 15 1257931 habiskan-rp200-juta-cat-mobil-ini-bisa-berubah-jika-disiram-air-NQu0rDsju4.jpg Cat Thermocromic yang disematkan Ican pada mobi modifikasinya (Pius/Okezone)

JAKARTA - Sekilas tak ada yang berbeda dari mobil Mazda MX-5 warna hijau peserta modifikasi HIN 2015. Namun ketika mobil disiram air, warna bodinya akan berubah.

Bodi mobil buatan 2012 itu menggunakan sistem pengecatan thermocromic yang memungkinkan warna mobil berubah mengikuti suhu pada bodi, baik panas maupun dingin.

"Yang spesial dari mobil ini memang catnya pakai thermocromic. Di Indonesia, setahu saya sudah ada yang pernah coba, tapi hasilnya belum maksimal. Nah ini pertama kalinya full semua dilapis pakai thermocromic paint dan berhasil sempurna," ujar Ican, pemilik Mazda MX-5 tersebut.

Ican menambahkan, jika suhu bodi mobilnya di bawah 30 derajat Celcius maka warnanya dominan gelap. Namun jika di atas 30 derajat Celcius maka yang muncul adalah hijau terang. Warna bisa berubah kalau terkena air atau bahkan hanya dengan bersentuhan kulit manusia.

Pria berusia 23 tahun tersebut menambahkan, ubahan lain yang digunakan memang lebih berfokus pada tampilan luar. Selain cat, ia melakukan over fender sekira 4 sentimeter, mengaplikasikan splitter di bawah bumper depan, side skirt, dan belakang.

"Masih sekitaran bodi aja sih. Pakai splitter, atapnya pakai serat karbon, pelek BBS Custom ukuran 18 inci, ducktail custom. Untuk mesin enggak ada perubahan ekstrem. Intrior juga masih pakai standar cuma diganti serat karbon di doortrim," lanjutnya.

Pria yang memodifikasi mobilnya di Platinum Motor Sport di Kawasan Cipinang, Jakarta Timur, itu mengaku menghabiskan dana total sekira Rp200 juta untuk memodifikasi mobilnya.

"Habis Rp200 juta-an. Paling mahal di cat. Itu cairan thermocromicnya sendiri Rp3 juta per liter. Saya beli 20 liter dan percobaannya sampai 15 liter sendiri. Sisanya buat perintilan sama buat pasang air suspension biar mobilnya bisa dipakai jalan normal," pungkas dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini