Share

Sedan Suzuki Ciaz Akan Diproduksi di Indonesia?

Pius Mali, Okezone · Jum'at 27 November 2015 12:14 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 27 15 1256807 sedan-suzuki-ciaz-akan-diproduksi-di-indonesia-iMu2kdRaBA.jpg Tidak tertutup kemungkinan Suzuki Ciaz diproduksi di Indonesia (Foto: Okezone)

MAKASSAR - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan sedan Ciaz di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2015. Mobil itu diimpor utuh (completely built up/CBU) dari Thailand.

Adakah rencana PT SIS untuk memproduksi sedan bermesin 1.400 cc itu di Indonesia? Menjawab pertanyaan itu, Davy J Tuilan selaku deputy 4 wheel managing director PT SIS mengatakan, tidak tertutup kemungkinan untuk memproduksinya secara lokal. Hanya saja, pihaknya harus melihat kondisi pasar sedan di Indonesia.

"Kemungkinan untuk memproduksi di sini enggak pernah tertutup. Tapi pasar Indonesia kan spesifik mobil seven seater, sementara kalau di luar Indonesia, pasarnya (terbesar) sedan. Tapi memang sedan tetap harus ada dulu, itu yang saya jelaskan ke prinsipal kami," ujar Davy.

Ia menambahkan, kehadiran sedan Ciaz juga menjadi cikal bakal untuk memenuhi permintaan pemerintah akan nilai ekspor produk mobil yang mencapai 300 persen.

"Kalau mau fokus ekspor, ya harus punya sedan dulu. Kalau sedan dimatikan sama sekali, bagaimana kita bersaing di pasar global," pungkas dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini