Share

Harga Mobil Klasik Jaguar C-Type Ini Diperkirakan Tembus Rp100 M

Anton Suhartono, Okezone · Kamis 26 November 2015 00:40 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 25 15 1255722 harga-mobil-klasik-jaguar-c-type-ini-diperkirakan-tembus-rp100-m-nB162x0MSk.jpg Jaguar C-Type produksi 1952 yang pernah digunakan Stirling Moss diperkirakan laku Rp103 miliar (Autoblog)

LONDON - Jaguar C-Type klasik yang pernah dikendarai mantan pembalap Formula One (F1) asal Inggris, Stirling Moss, di ajang ketahanan kendaraan Le Mans, Prancis, pada 1952, akan dilelang oleh Bonhams.

Mobil ini didesain oleh seorang legenda balap Peter Walker. Sasisnya menggunakan produksi Jaguar dengan nomor XKC 011. Namun, dirombak untuk menyesauikan dengan kebutuhan ajang ketahanan kendaraan Le Mans.

Sayangnya, Jaguar C-Type itu gagal finis karena permasalahan mesin. Mobil tersebut sekaligus mengantarkan Moss ke kegagalan keduanya di ajang Le Mans. Moss menggunakan C-Type di beberapa kali ajang balap sampai akhirnya mobil itu pensiun dari arena dan kondisinya dikembalikan ke versi standar.

Sejak itu mobil ini sempat beberapa kali pindah tangan sampai pada 1963 dibeli oleh seorang kolektor dan dipertahankan sampai sekarang.

XKC 011 akan dilelang di Fairmont Monte Carlo bersamaan dengan Monaco Gran Prix Historique pada Mei 2016.

Bonhams tidak menyebut perkiraaan harga berapa mobil ini akan terjual. Namun seorang spesialis mobil klasik Bonhams, James Knight, memberikan pendapat pribadinya.

"Saya memperkirakan nilai mobil ini akan mencapai 5 juta poundsterling (sekira Rp103 miliar) bahkan berpotensi lebih lagi," kata dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini