Share

Terjang Genangan Banjir, Awas Air Menyusup ke Ruang Mesin

Mufrod, Okezone · Rabu 25 November 2015 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 24 15 1255158 terjang-genangan-banjir-awas-air-menyusup-keruang-mesin-Mm2rZjZf4Q.jpg Ilustrasi sepeda motor terjang banjir (Okezone)

JAKARTA - Musim hujan dengan intensitas tinggi yang saat ini terjadi, tentu bisa menyebabkan beberapa ruas jalan tergenang air. Menerjang genangan air bagi para pengendara sepeda motor kerap dilakukan untuk memaksakan diri sampai ketujuan.

Akibat aksi tersebut, tak sedikit pengendara sepeda motor yang mengalami masalah pada tunggangannya setelah menerjang banjir yang menggenang di jalan raya. Biasanya motor yang mati mendadak karena habis menerjang banjir diakibatkan sistem pengapian dari busi tidak ada.

Hal ini bisa diakibatkan air masuk ke dalam ruang bakar, melalui saringan udara. "Adanya air tersebut menyebabkan kinerja busi tidak maksimal dalam menghantarkan api yang dibutuhkan pada ruang bakar," Jelas Galan Gunawan, mekanik MRC.

Oleh karenanya ia menambahkan, air harus dikeluarkan dengan beberapa cara yakni, untuk sepeda motor dengan karburator cukup buka baut pada kantung karbu menggunakan obeng plus yang terdapat di bawah mangkuk karbu. Sedangkan untuk CVT cukup buka selang yang disumbat menggunakan tang.

Jika dirasa sudah tidak ada air, cek pengapian pada busi. jika memungkinkan ganti dengan busi cadangan atau baru.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini