Share

Helm Lawas Sebaiknya Tak Dicuci, Cukup Dijemur

Pius Mali, Okezone · Rabu 07 Oktober 2015 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 06 15 1227347 helm-lawas-sebaiknya-tak-dicuci-cukup-dijemur-tp40Ebp2YQ.jpg Konsumen disarankan tidak mencuci helm orisinalnya (Pius/Okezone)

JAKARTA - Mencuci helm wajib dilakukan oleh pengguna sepeda motor. Hal ini dikarenakan helm menyerap keringat dari kulit kepala selama digunakan. Namun mencuci helm lawas orisinal tidak dianjurkan.

Rahmat Rizkiko Darmawan pemilik toko Kedai Helm Dulu (Kehed) menjelaskan, busa pada helm lawas atau jadul orisinal tidak bisa dicopot.

"Helm lawas orisinal itu busanya beda sama model baru. Kalau dilihat langsung, helm baru didesain dengan busa yang bisa dicopot dan pasang, sementara helm asli generasi tedahulu semua dibuat menyatu dan menempel di bagian dalam," ujarnya pada Okezone.

Untuk melepas busanya, lanjut Wawan, konsumen harus merusak busa dan pelapisnya. Selain itu, busa helm lawas dibuat dari bahan yang berbeda dengan helm generasi terbaru. Busa helm lawas biasanya lebih tipis, sementara yang baru lebih tebal.

Lagipula, kata dia, pembeli helm lawas umumnya jarang mencuci. Meski membelinya dalam keadaan baru, helm lawas seringkali dibiarkan menjadi kusam sehingga terkesan lebih tua dan alami sesuai dengan tampilan sepeda motor mereka.

"Biasanya jarang cuci, biar kelihatan buluk saja. Untuk bagian dalam, biasanya hanya dijemur di bawah terik matahari," pungkas dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini