Share

Tips Membeli Helm Lawas

Pius Mali, Okezone · Selasa 06 Oktober 2015 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 05 15 1226681 tips-membeli-helm-lawas-USEFQ5ZgWu.jpg Periksa kondisi bodi sebelum membeli helm klasik orisinal (Pius/Okezone)

JAKARTA - Pengendara sepeda motor klasik pastinya ingin memiliki perangkat pendukung yang sesuai dengan tunggangannya, termasuk helm. Untungnya, saat ini mencari helm klasik yang orisinal maupun repro mudah karena banyak yang menjajakannya. Namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh konsumen.

"Helm klasik ini sama kayak motor old school. Ada konsumen yang maunya model itu saja. Padahal sebetulnya masih banyak model yang dijual," ujar Rahmat Rizkiko Darmawan, owner Kedai Helm Dulu (Kehed).

Pria yang akrab disapa Wawan Kehed itu menambahkan, membeli helm model lawas pun kini bisa dilakukan secara online ataupun dengan datang langsung ke si penjual.

"Biarpun tua ini helm, tapi sekarang belinya enggak mesti repot ke toko, bisa online juga. Tapi saya menyarankannya lebih baik beli langsung ke toko atau orang yang jual. Karena meskipun barang baru, tapi dibuatnya sudah lama," lanjutnya.

Wawan pun memberi beberapa tips untuk konsumen yang ingin membeli helm secara langsung, seperti berikut :

1. Lihat bodinya. Kalau kelihatan ada lecet, pastikan tidak dalam atau tidak retak.

2. Pastikan helm yang dibeli dilengkapi kaca. Akan susah membeli helm lawas dengan kaca secara terpisah.

3. Busa tidak robek. Lihat bagian dalam dan cek busa atau pelapisnya jangan sampai ada yang sobek atau rusak.

4. Pastikan harganya sesuai. Helm lawas tak memiliki harga jual resmi, pastikan harga jualnya pas. Untuk helm yang jarang dipasaran biasanya harganya lebih tinggi dari model baru. 

Untuk membeli secara online, Wawan menuturkan sama dengan membeli barang lain. Pastikan penjualnya terpercaya dan mintalah garansi atau jaminan kalau helm orisinal itu masih layak pakai.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini