Share

Mobil Bentley Seharga Rp5 M Dipacu 330 Km/Jam di Tengah Gurun

Anton Suhartono, Okezone · Senin 05 Oktober 2015 07:13 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 02 15 1225094 mobil-bentley-seharga-rp5-m-dipacu-330-km-jam-di-tengah-gurun-lS4oaG8Qsq.jpg Bentley Continental GT dipacu 330 km/jam di Stuart Highway Australia (Tourism NT)

MELBOURNE - Stuart Highway di Australia merupakan satu dari hanya tiga tempat di dunia berstatus 'no speed limit' bagi kendaraan. Jalan yang berlokasi di tengah gurun Outback itulah yang dijadikan produsen mobil supermewah Inggris, Bentley, untuk menguji kecepatan model Continental GT Speed Coupe.

Mobil seharga 485 ribu dolar Australia atau sekira Rp5 miliar itu dipacu hingga kecepatan 330 kilometer per jam. Duduk di balik kemudi adalah para jurnalis automotif internasional, seperti dari China dan Jerman.

Dalam rekaman video tampak Continental GT berkelir putih itu lebih dulu melaju di atas pasir hingga tampak debu berterbangan. Lalu mobil memasuki jalan aspal mulus ‘tanpa batas kecepatan’ dan dipacu dengan kecepatan tinggi. Stuart Highway sendiri memiliki panjang 270 kilometer, terbentang dari Alice Springs hingga Barrow Creek.

Latar belakang gurun dengan beberapa tanaman khas merupakan lansekap yang cocok bagi produsen mobil untuk melakukan pengambilan gambar. Lokasi ini juga pernah digunakan syuting acara automotif BBC, Top Gear.

Jurnalis China Wang Kun mengaku gugup mengemudikan mobil hingga kecepatan setinggi itu di jalan raya. Sementara itu, jurnalis asal Jerman Jens Dralle berkomentar, rute Stuart Highway lebih menantang dibanding jalan berstatus no speed limit di negaranya, Autubahn. Selain dua lokasi itu, satu jalan no speed limit lainnya berada di Isle of Man, sebuah pulau antara Inggris dan Irlandia.

Menurut Dralle, Stuart Highway sempit dan jalannya kasar sehingga dibutuhkan konsentrasi tinggi. 

Hal ini bisa dilihat dari kamera yang ditaruh di luar mobil rusak akibat guncangan. Kamera rusak saat mobil dilajukan pada kecepatan 180 km/jam.

Test drive ini menghabiskan dana 125 ribu dolar Australia atau sekira Rp1,3 miliar. Namun, tidak semua dikeluarkan oleh Bentley. Pihak dinas pariwisata Northen Territory Australia (Tourism NT) ikut menyumbang 10 ribu dolar Australia. Diharapkan acara ini bisa semakin memperkenalkan Alice Springs ke dunia internasional sehingga bisa menarik wisatawan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini