Share

Ford Kembangkan Mobil yang Bisa Parkir Sendiri

Jum'at 04 September 2015 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 04 15 1208286 ford-kembangkan-mobil-yang-bisa-parkir-sendiri-LJ45PGqnu9.jpg Ford kembangkan mobil yang bisa memarkir sendiri (Ilustrasi: Ford)

PARKIR seringkali menjadi momok untuk pengemudi pemula. Bahkan untuk sopir dengan jam terbang cukup tinggi, parkir bisa melintir kalau kurang mahir. Solusinya? Latihan parkir sesering mungkin, atau mencari mobil yang bisa parkir sendiri.

Opsi kedua inilah yang ditangkap para insinyur Ford untuk terus mengembangkan teknologi parkir yang sudah dimiliki selama ini. Setelah sukses dengan fitur Park Asisst yang memungkinkan Focus parkir sendiri secara pararel, teknologi pun ditambah. Hatchback yang kini dibekali mesin Ecoboost 1.5L itu pun bisa dengan cerdas parkir secara seri.

Inilah yang dinamakan Ford sebagai Enhanced Active Park Assist, dibangun atas dasar fitur Parallel Park Assist (parkir pararel) yang kini ditambah Perpendicular Park Assist (parkir bersebelahan/seri).

Setelah diaktifkan, sistem akan mencari ruang parkir yang tersedia di antara mobil-mobil lain. Saat menemukan lahan parkir, sistem ini akan mengambil kendali kemudi mobil untuk membimbing kendaraan masuk ke ruang parkir, sementara pengemudi hanya perlu mengendalikan pergantian persneling, rem, dan gas.

Perpendicular Park Assist menggunakan dua sensor ultrasonik baru di belakang mobil, yang juga memungkingkan fitur Park-Out Assist bekerja. Fitur ini membantu pengemudi yang akan mengeluarkan mobil saat parkir, dan terhalang oleh mobil di kanan-kirinya.

Saat mundur dari ruang parkir seri (perpendicular), Cross Traffic Alert menggunakan tiga peringatan yang berbeda untuk memperingatkan pengendara jika sistem mendeteksi sebuah kendaraan mendekat baik dari sisi kiri atau kanan, hingga jarak 40 meter.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rtw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini