Share

Menyeting Suara Bass Audio Berlebih, Ini Risikonya

Mufrod, Okezone · Jum'at 04 September 2015 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 03 15 1207954 merubah-suara-bass-audio-berlebih-ini-resikonya-Bdk6isRzys.jpg ilustrasi (foto: teknovanza)

JAKARTA - Perangkat head unit bukan sebatas sebagai otak pemutar cakram yang berisi lagu atau video, namun bisa berfungsi sebagai tone control untuk meningkatkan kualitas suara bass sehingga lebih bertenaga.

Namun perlu diperhatikan dalam mengukur suara bass. Dianjurkan tidak menyetingnya secara berlebihan karena akan berakibat suara yang dihasilkan menjadi noise dengan suara rendah dan tinggi. Selain itu, pengaturan tone yang berlebih bisa mengakibatkan kerusakan pada speaker.

“Pengaturan tone untuk kualitas suara bass bertenaga, tidak boleh berlebih karena bisa mengakibatkan noise pada suara dan merusak speaker," jelas Ronny Wihardja, direktur Cello Indonesia kepada Okezone, Kamis (3/9/2015).

Ia menambahkan, agar kualitas suara tetap terjaga ubahlah tone secara bertahap. Naikkan satu step tone control lalu sesuaikan dengan mid woofer sebagai penghasil suara tengah. Hal agar kualitas suara seiring dengan perubahan pada bass.

Penyesuaian pada setiap perubahan volume suara yang dilakukan melalui tone control masing-masing harus berimbang antara suara rendah, tengah, dan tinggi. Hal tersebut merupakan kunci untuk mendapatkan kualitas suara maksimal.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini