Share

Chrysler Bongkar Rahasia Mesin Terbarunya

Mufrod, Okezone · Rabu 02 September 2015 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 02 15 1206910 chrysler-bongkar-rahasia-mesin-terbarunya-db83MytdbE.jpg Mesin Pentastar Chrysler (foto: Worldcarfans)

AUBURN - Karakter mesin bertenaga dengan kapasitas besar kini tidak lagi menjadi pilihan utama di pasar automotif dunia. Saat ini pasar lebih menyasar mesin besar yang efisien bahan bakar. Hal itu pun disinyalir akan menjadi primadona pasar automotif, dan menjadi target utama para produsen.

Baru-baru ini pabrikan Chrysler memperkenalkan pengembangan mesin V6 Pentastar berkapasitas 3.6 liter dengan membongkar rahasia tenaga gaharnya yang irit bahan bakar. Salah satunya adanya perubahan utama pada bagian katup menjadi kunci utama pengembangan, bisa ditebak target utama tak lain mengurangi konsumsi bahan bakar pada ruang silinder.

Mengandalkan teknologi terbaru variable valve lift (VVT), dua mode buka-tutup katup akan bekerja sesuai kebutuhan. Di saat mesin tidak membutuhkan kerja keras maka katup akan membuka lebih sedikit udara ke dalam ruang silinder sehingga lebih irit. Begitu pula sebaliknya, katup terbuka lebar ketika pengendara membutuhkan tenaga mesin tinggi, Demikian seperti dikutip Worldcarfans, Rabu (2/9/2015).

Langkah lain agar konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dengan penambahan injektor yang akan menyemprotkan bahan bakar lebih halus dan merata. Pembenahan juga dilakukan pada sistem VVT dengan akurasi timing yang lebih pas saat buka-tutup katup berlangsung, sehingga suplai udara masuk dan gas buang yang telah menggunakan sistem pendinginan semakin maksimal.

Reduksi bobot mesin turut dibenahi menggunakan material pilihan yang ringan namun tetap kuat, menghasilkan berat total mesin hanya sekira 1,8 kilogram. Melalui pengembangan ini tenaga mesin juga meningkat 5 hp dengan total tenaga letup mencapai 295 hp, namun tetap irit. Chrysler menngungkapkan dengan pengembangan tersebut konsumsi bahan bakar dapat ditekan sebesar 6 persen.

Dikabarkan mesin terbaru ini akan menjadi senjata andalan Grand Cherokee yang akan diperkenalkan pada 2016.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini