Share

Bagaimana Nasib Mobil-Mobil Konsep yang Dipajang di GIIAS?

Santo Evren Sirait, Okezone · Senin 31 Agustus 2015 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 30 15 1205171 bagaimana-nasib-mobil-mobil-konsep-yang-dipajang-di-giias-TiuPQjEQfV.jpg Mobil Daihatsu FX Concept dipajang di GIIAS 2015 (Foto: Santo/Okezone)

TANGERANG SELATAN - Pameran automotif terbesar di Asia Tenggara, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), berakhir Minggu 30 Agustus 2015.

Sebagaiamana diketahui, beberapa agen pemegang merek (APM) memamerkan mobil konsep unggulan mereka, di antaranya brand Lexus dengan LF-LC dan LF-SA serta Daihatsu dengan FT Concept dan FX Concept.

Lantas bagaimana kelanjutan dari mobil-mobil tersebut? Hal yang jelas, disebut mobil konsep karena masih dalam tahap pengembangan untuk suatu saat diproduksi massal. Wujudnya pun tidak selalu sama persis.

Selain itu, mobil konsep juga menjadi media studi pabrikan mobil untuk mengetahui bagaimana penilaian dan respons masyarakat mengenai desain dan teknologinya.

"Sampai saat ini belum ada konfirmasi mengenai tahun depan, karena pasti akan mempertimbangkan product movement dan pengembangan mobil konsep lain. Hal yang pasti, Lexus selalu ingin memukau dan menginspirasi auto show,” ujar Gea, perwakilan dari Lexus Indonesia. 

LF-LC (Lexus Future-Luxury Coupe) LF-LC hadir dengan desain sedan coupe masa depan. Mobil ini pertama kali ditampilkan di Australia pada 2012. Didesain oleh Calty Design Studio, Newport Beach California, Amerika Serikat, mobil konsep ini dikembangkan dengan basis teknologi hybrid.

Dengan menggunakan The Advance Lexus Hybrid Drive System dan didukung teknologi Atkinson Cycle Combustion Engine dan Advance High-Energy Battery Pack, mesin yang dipasang di LF-LC mampu mencapai kekuatan 438 hp.

Sementara LF-SA (Lexus Future-Small Adventure) pertama kali hadir pada Maret 2015 di Geneva Motor Show, Swiss. LF-SA Ultra-Compact Concept adalah model prototipe yang dirancang di studio ED2/Toyota Europe Design Development di Nice, Prancis.

LF-SA mengadopsi teknologi automated driving (kemudi otomatis). Model ini memiliki panjang 3.450 milimeter, lebar 1.700 mm, dan tinggi 1.430 mm yang menjadikannya mobil ultra-compact pertama dengan kursi 2+2 (dua penumpang utama dan dua tambahan).

Desainer Lexus berhasil membuat Lexus LF-SA sebagai compact car yang mampu bermanuver lincah sebagai city car sejati yang membuat pengendaranya tampil berani dan percaya diri.

Sementara itu dari Daihatsu, belum ada kepastian apakah mobil terbut akan tampil lagi atau bisa saja hadir dalam wujud pengembangannya. Hal yang patut dibanggakan adalah dua mobil konsep Daihatsu, FT Concept dan FX Concept, melakukan debut internasionalnya di Indonesia. Bahkan, dua mobil itu dibangun melibatkan desainer dari Astra Daihatsu Motor (ADM).

“Belum tahu tergantung hasil suvei, tapi itu kan prosesnya panjang,” ujar salah seorang perwakilan dari Daihatsu.

FT Concept dirancang sebagai mobil compact berkapasitas tujuh orang yang mengusung konsep desain yang Tough and Masculine SUV. Dengan warna warm silver metallic dan lekukan garis karakter bodi yang tegas, membuat mobil ini semakin terlihat kuat dan gagah.

Desain interior yang bertemakan horizontal, menjadikan interior mobil ini terlihat lebih luas. Mobil ini memiliki dua fitur navigasi yang berada di center cluster dan speedometer untuk mendukung mobilitas pengguna dalam berkendara.

Sementara FX Concept hadir dengan konsep urban sporty crossover yang futuristis dan stylish. Dengan garis karakter dinamis, dipadu dengan kilap warna red metallic yang kuat, menjadikan FX Concept sebagai kendaraan compact crossover berkelas. Fitur ambient cabin lamp pada area dasbor ditambah panoramic roof di atap kabin, selain menjadikan nuansa interior yang berbeda, juga memberikan pemandangan yang lebih luas pada pengguna di dalamnya.

Tampilan interior dengan warna kombinasi turut memberikan nuansa futuristis pada mobil dengan kapasitas lima tempat duduk yang lapang dan luas ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini