Share

Zero Down Time, Servis Truk Kapan Saja

Anton Suhartono, Okezone · Sabtu 29 Agustus 2015 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 29 15 1204580 zero-down-time-servis-truk-kapan-saja-6xjESOUCD8.jpg Fasilitas truck center Mitsubishi (Foto: Anton/Okezone)
TANGERANG SELATAN - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan komersial dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia semakin memanjakan konsumen dalam hal pelayanan purnajual.
 
KTB menggulirkan layanan Zero Down Time bagi perusahaan-perusahaan untuk menyervis truk mereka tanpa mengganggu jam operasional sehari-hari. Karena itu program ini berlangsung selama 24 jam penuh.
 
“Zero Down Time berlaku di semua truck center yang saat ini ada delapan, sepanjang Sumatera sampai pantura Jawa. Kenapa kami pakai konsep ini, banyak kendaraan beroperasi sampai pukul 21.00 bahkan pukul 01.00 dan perlu perawatan. Nah truck center menyediakan fasiltias bagi mereka untuk masuk jam berapa saja. Pukul 21, 22, pukul 03.00 pun kami tangani,” jelas Leonard Siahaan, deputy group head of MFTBC service group KTB, di booth Mitsubishi Fuso, ICE, BSD City, Tangerang Selatan.
 
Biasanya pengerjaan yang dilakukan mekanik adalah servis rutin, yakni tune up, ganti oli, pemeriksaan roda, kopling, dan lainnya. Untuk servis ringan hanya dibutuhkan waktu 30 menit.
 
“Sehingga jam kerja servis tidak mengganggu jam kerja perusahaan atau jam kerja pabrik. Biasanya diadakan pengerjaan perbaikan yang selesainya sebelum truk itu akan dipakai lagi. Jadi diatur sedemikian rupa,” ungkap pria yang akrab disapa Leo itu.
 
Selain truck center, lanjut Leo, KTB juga mengoperasikan mobile workshop yang fungsinya untuk mendatangi perusahaan yang ingin menyervis unit mereka di kantor. Namun pemanfaatan fasilitas mobile workshop harus melalui booking terlebih dahulu.
 
Mobile workshop di truck center melayani 24 jam tapi by booking. Misalnya ada perusahaan perlu pukul 03.00 untuk 20 unit truk, kami siap ke sana. Tidak bisa mendadak. Kalau kasus emergency, biasanya lokasi truk yang mengalami masalah itu agak sulit dan tingkat kesulitan (kerusakan) tinggi. Untuk yang satu itu kami bisa mengatur,” jelasnya.
 
Saat ini KTB memiliki 105 unit mobile workshop di seluruh Indonesia. Setiap unit sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang servis standar. Menurut dia, mobile workshop biasanya banyak dimanfaatkan oleh perusahaan di pertambangan di mana KTB belum memiliki truck center di sana, seperti di Kalimantan.
 
Ia menjamin biaya yang dikeluarkan konsumen untuk mobile service sama dengan servis reguler di truck center. Selain itu program Zero Down Time juga tidak ada biaya tambahan, sama dengan ketika truk diservis pada siang hari atau jam kerja.
 
Untuk lebih memberikan pelayanan kepada konsumen, KTB akan menambah truck center menjadi 13 di sepanjang Jawa dan Sumatera pada 2016. Fasilitas tersebut akan didirikan yakni di Surabaya (menjadi dua unit), Cirebon, Serang, Padang, dan Makassar.
 
Pada 2013, KTB mendirikan truck center di Medan, Jakarta, dan Semarang. Disusul pada 2014 di Lampung, Tangerang, Bandung, dan Surabaya. Lalu pada awal 2015, truck center kedelapan berdiri di Palembang, Sumatera Selatan. Fasilitas tersebut merupakan bagian dari showroom yang berdiri di lahan seluas 10 ribu meter persegi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini