Share

Sensasi Melahap Tanjakan & Turunan Ekstrem di Mobil 4WD

Pius Mali, Okezone · Kamis 27 Agustus 2015 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 27 15 1203721 sensasi-melahap-tanjakan-turunan-ekstrem-di-mobil-4wd-g0excI7pLO.jpg Wahana 4x4 Challange di GIIAS (Foto: Pius/Okezone)

TANGERANG SELATAN - Pameran automotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 menyediakan wahana 4x4 Challenge bagi pengunjung.

Trek ini menguji nyali pengunjung yang duduk di bangku penumpang mobil berpenggerak empat roda (4WD) untuk merasakan tanjakan dan turunan curam. Ada bebeerapa mobil yang disediakan yakni Mitsubishi Pajero Dakar, Isuzu D-Max, Nissan Navara, dan Renault Duster.

“Semua yang digunakan berpenggerak empat roda dalam kondisi standar. Mobil akan melaju di trek khusus dengan sudut kemiringan 47 derajat dan ketinggiannya enam meter,” ungkap Bimo Wijatmoko, Ketua 1 Indonesia Offroad Federation (IOF), Kamis (27/8/2015).

Setelah mengisi data diri di booth yang tersedia, Okezone mencoba wahana 4x4 Challenge dengan menaiki Mitsubishi Pajero warna hitam dengan transmisi otomatis.

Sebagai alat pengaman standar, helm dan sabuk pengaman wajib digunakan oleh penumpang.

"Semua sudah sesuai standar, pakai helm buat jaga-jaga saja. Sementara kalau seat belt buat menahan badan pas mobil turun di sudut 47 derajat,” ujar Irwan yang menjadi pengemudi.

Sambil mengemudi, Irwan menunjukkan kalau posisi tuas transmisi roda belakang di 'D'. Sementara penggerak roda depan mengandalkan '4L'. Mobil pun sengaja dijalankan perlahan agar penumpang merasakan sensasi menanjak yang ekstrem.

"Kalau mobilnya cepat, enggak berasa deg-degan. Jadi kami menanjaknya pelan-pelan. Di atas nanti berhenti, dan pas turun saya akan tahan rem di ketinggian tertentu supaya bisa terasa. Kan enggak setiap hari kayak begini. Biar ada pengalaman,” lanjut dia.

Usai melahap trek baja yang dibuat dalam waktu dua bulan itu, tak merasa mual dan pusing seperti terbesit di awal saat hendak mencoba wahana ini. Semua dilakukan dengan aman oleh orang-orang yang terlatih.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini