Share

Toyota Telusuri Komponen Palsu Airbag

Anton Suhartono, Okezone · Selasa 04 Agustus 2015 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 04 15 1190119 toyota-telusuri-komponen-palsu-airbag-tKp02xpN7L.jpg Toyota Australia telusuri komponen airbag palsu (Daily Telegraph)
MELBOURNE - Toyota Australia menelusuri adanya pihak tidak bertanggung jawab yang menjual komponen palsu airbag. Hal itu tentu sangat merugikan Toyota. Tidak hanya dari sisi ekonomi, namun juga keselamatan pengemudi dan penumpang.
 
Komponen palsu airbag tersebut dijual atas nama produk Genuine Toyota. Diyakini sudah lebih dari 2 juta komponen palsu yang dijual sebagai produk aftermarket dalam 10 tahun terakhir. Namun, Toyota Australia tidak memiliki data pasti berapa dari 2 juta komponen itu yang sudah dipasang ke mobil. Demikian seperti dikutip dari Daily Telegraph, Selasa (4/8/2015).
 
Pihak perusahaan kini coba mencari ribuan komponen palsu airbag itu agar tidak beredar lebih luas. Di antara usaha yang dilakukan adalah memberitahukan diler-diler resmi. Pemberitahuan dilakukan melalui surat "Peringatan Barang Palsu". Dalam surat tersebut, Toyota menyebut ada dua perusahaan penyuplai yang memasok komponen palsu itu di Australia dengan menggunakan nama Toyota Genuine Parts.
 
Komponen yang dimaksud adalah kabel spiral. Produk itu didatangkan ke Australia oleh importir dan dijual ke bengkel-bengkel independen, bahkan ke diler resmi Toyota. 
 

Pihak Toyota Australia langsung bertindak dengan membawa sampel kabel spiral tersebut ke Jepang untuk diteliti. Hasilnya, ada empat potensi komponen palsu itu bisa membuat airbag tidak berfungsi saat mobil mengalami kecelakaan.

Disebutkan, ciri dari komponen palsu airbag itu tidak memiliki konektor berlapis emas. Kemudian, kebel tidak kuat serta tidak menggunakan kawat tembaga sebagaimana pada produk asli. Produk palsu dijual 50 dolar lebih murah dibanding harga aslinya yang mencapai 300 dolar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini