Share

Tips Tak Cepat Lelah Berkendara Motor di Musim Panas

Pius Mali, Okezone · Selasa 04 Agustus 2015 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 03 15 1189835 tips-tak-cepat-lelah-berkendara-motor-di-musim-panas-KqEfj7oMjD.jpg Bikers harus membiasakan diri membuat rencana perjalanan (Ilustrasi, Foto: Okezone)
JAKARTA - Mengendarai sepeda motor di siang hari saat musim panas bisa membuat bikers cepat lelah. Hal itu terjadi akibat sengatan sinar matahari yang membuat tubuh cepat kehilangan cairan. Dampaknya, pengendara akan kurang konsentrasi.
 
Rifat Sungkar, pendiri Rifat Drive Labs (RDL), mengatakan bahwa membiasakan diri membuat rencana perjalanan untuk beraktivitas sehari-hari sangat penting bagi para pengguna kendaraan, termasuk kendaraan roda dua.
 
"Kalau lagi musim panas begini, pengendara motor harus bikin journey plan atau rencana perjalanan yang tepat. Kita bicara di dalam kota, misalnya dari titik awal ke tempat tujuan dalam kondisi normal berapa lama waktu yang dibutuhkan. Terus kalau ditambah macet kira-kira berapa. Buat apa? Biar kita ada waktu untuk istirahat," ujarnya kepada Okezone.
 
Pria yang menggeluti safety driving dan safety riding itu menambahkan, dalam kondisi panas, apalagi ditambah macet, emosi seseorang lebih cepat tersulut. Hal ini bisa membahayakan pengendara dan orang lain.
 
"Berkendara di suhu panas bikin badan dan otak mudah lelah. Efeknya pengendara jadi enggak enjoy dan lebih mudah emosi. Maka itu, perlu diingat kembali kalau mengemudi itu maksimal dua jam. Kalau musim panas seperti sekarang, istirahatnya harus lebih banyak biar tetap aman di jalan," tutup Rifat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini