Share

Buka Pintu Mobil dan Menyalakan Mesinnya dari Jarak Jauh

Anton Suhartono, Okezone · Selasa 04 Agustus 2015 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 03 15 1189776 mobil-diretas-pintu-dibuka-lalu-mesinnya-dinyalakan-dari-jarak-jauh-3a03NEMFwf.jpg Seorang hacker membuktikan bisa meretas mobil produksi General Motors yang menggunakan OnStar (Wired)
DETROIT - Fitur sistem komunikasi OnStar yang digunakan di mobil-mobil produk General Motors ternyata bisa disabotase. Dari fitur tersebut, peretas bisa membuka pintu mobil bahkan menyalakan mesin dari jarak jauh.
 
Hal ini dibuktikan oleh seorang hacker Samy Kamkar melalui videonya. Ia mengaku mengetahui cara mendeteksi lokasi mobil, membuka kunci pintu, lalu menyalakan mesinnya. Ia memanfaatkan jaringan komunikasi yang terhubung antara aplikasi OnStar RemoteLink dan layanan OnStar.
 
Ia berencana membeberkan secara detail keberhasilannya meretas mobil yang dilengkapi OnStar itu di konferensi Def Con di Las Vegas, Amerika Serikat. Def Con merupakan ajang di mana ribuan hacker berkumpul untuk membahas isu terbaru mengenai cybersecurity.
 
Sementara itu, Juru Bicara GM, Terrence Rhadigan mengatakan, pihaknya dalam persiapan meng-update aplikasi RemoteLink.
 
Saat disinggung mengenai keberhasilan Kamkar menyabotase OnStar, Rhadigan tidak sepenuhnya memercayai hal itu. “Kami yakin, kemungkinan untuk bisa membuktikan hal ini di dunia nyata tidak mungkin," katanya seperti dikutip dari Reuters.
 
Isu ini mengundang perhatian Badan Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Amerika Serikat (NHTSA). Organisasi tersebut mengaku sudah membicakan hal ini dengan pejabat GM. Dari keterangan seorang pejabat NHTSA, diketahui potensi pembobolan sebatas membuka pintu dan fitur start-stop engine, namun tidak sampai menjangkau komponen yang krusial seperti kendali mobil.
 
NHTSA memberikan beberapa saran kepada pengguma OnStar Remote Link yakni tidak mengaktifkan aplikasi tersebut hingga mereka meng-update-nya.Lebih dari 3 juta mobil sudah mengunduh aplikasi mobile OnStar RemoteLink dari iOS dan Google Inc.
 
Video itu dirilis sepekan setelah Fiat Chrysler mengumumkan akan me-recall 1,4 juta mobil setelah ahli hack berhasil membobol fitur pada Jeep Cherokee. Mobil Jeep Cherokee yang sedang melaju bisa disabotase dengan cara mesin dimatikan tiba-tiba dari jarak jauh.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini