Share

Pria Ini Habiskan Rp4 M Ubah Barang Rongsok Jadi Mobil Kinclong

Anton Suhartono, Okezone · Senin 03 Agustus 2015 07:44 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 31 15 1188676 pria-ini-habiskan-rp4-m-ubah-barang-rongsok-jadi-mobil-kinclong-OMjVqsVLDJ.jpg Launier membangun barang rongsokan menjadi mobil kinclong (Barcroft Cars)

BRITISH COLOMBIA - Dari barang rongsokan tanpa pintu, kaca jendela, jok, kini berubah menjadi mobil klasik kinclong berharga tinggi. Seorang pria di British Colombia, Kanada, JF Launier, membangun mobil tersebut selama 22 ribu jam dan menghabiskan dana USD300 ribu atau sekira Rp4 miliar.

Demi memuaskan hasrat membangun mobil impiannya bernama Rivision itu, Launier bahkan menggadaikan rumah sendiri dan rumah orangtuanya. Hasil kerja keras dan pengorbanan itu berbuah manis, pria yang juga memiliki bengkel modifikasi itu memenangkan kontes untuk kategori modifikasi paling kreatif dan inovatif Ridler Award for America di ajang Detroit Autorama dan berhak atas hadiah USD10 ribu atau sekira Rp134,7 juta.

"Membangun mobil ini sudah mengorbankan banyak ‘darah’, keringat, dan air mata. Semua yang saya inginkan dari mobil ini sudah tercapai. Saya pernah mengikuti drag race, road race, dan kini memenangkan penghargaan tertinggi di dunia. Saya juga mengantarkan anak saya ke sekolah dan mengajak mereka membeli es krim dengan mobil ini," ungkap pria pemilik bengkel JK Kustoms di Osoyoos, British Colombia, itu seperti dikutip dari Daily Mail.

Launier pernah mengikuti kontes modifikasi yang sama 16 tahun lalu, namun saat itu ia gagal. Karena itu, di kesempatan tahun ini ia bekerja keras dan total demi mendapatkan tropi.

Mobil itu dibangun dari bodi Buick Riviera 1964 yang dibeli seharga USD400 atau sekira Rp5,3 juta. Sebagian besar komponennya diganti, seperti atap yang menggunakan komponen Buick lainnya namun keluaran yang lebih baru. Kerangka bodi untuk pintu serta roda belakang juga diganti.

Di bagian jantung penggerak, Launier memasangkan mesin 6,2 liter twinturbo V8 dari Chevrolet. Itu artinya ia harus memindahkan posisi as roda lebih ke depan untuk memberikan ruang yang lebih bagi mesin.

Sementara itu, seluruh bagian bodi ia cat kuning. Bagian interior dibuat suasana 1960-an dengan penggunaan kulit berwarna coklat.

"Saat berusia 21 tahun, saya memiliki (mobil) 64 Rievera dan menjualnya sebagai modal untuk memulai bisnis. Saya selalu berpikir bahwa suatu saat nanti akan mendapat penggantinya. Saya tidak menyangka akan berbuat sejauh ini. Banyak lika-liku yang sulit untuk dijelaskan, tapi saya memutuskan membeli rongsokan seharga USD400 dan menjadikannya sebagai mobil modifikasi terbaik di dunia," pungkas dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini