Share

Pakai Bodi Plastik, Berat Mobil Sport Menyusut 9 Kg

Pius Mali, Okezone · Kamis 30 Juli 2015 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 30 15 1187838 pakai-bodi-plastik-berat-mobil-sport-menyusut-9-kg-x8UwkGcDrg.jpg Corvette C7 model 2016 panel bodinya menggunakan bahan plastik komposit

DETROIT - Mengganti bahan bodi dari pelat besi dengan bahan lain yang lebih ringan untuk mengurangi bobot total kendaraan sudah umum dilakukan oleh para produsen mobil sport. Salah satunya, General Motors (GM).

Terhitung sejak Juli 2015, untuk panel bodi mobil Corvette c7 model 2016 menggunakan bahan plastik komposit baru, TCA Ultra Lite. Bahan baku ini diproduksi oleh sebuah perusahaan plastik asal Amerika Serikat, Continental Structural Plastics.

Sekira 21 panel bodi meliputi pintu, fender, decklids (bagian bagasi), serta quarter panels mobil sport Corvette C7 model 2016 akan menggunakan bahan baru ini. Penggunaan plastik komposit TCA Ultra Lite akan mengurangi bobot kendaraan hingga 20 poun atau sekira 9 kilogram (kg). Demikian dikutip Carscoops, Kamis (30/7/2015).

Chief engineer for the Corvette, Tadge Juechter mengatakan, dalam ilmu rekayasa bahan mengurangi berat satu pound saja adalah sebuah prestasi. Apalagi jika berkurang hingga 20 pound atau setara dengan 9 kg, merupakan hal yang luar biasa.

"Ini menjadi contoh bagaimana Corvette terus berinovasi untuk meningkatkan performa dan akan menjadi sebuah keuntungan yang diaplikasi model kendaraan lain di masa depan," pungkas dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini