Share

Tips Membedakan Suku Cadang Aspal

Mufrod, Okezone · Kamis 30 Juli 2015 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 29 15 1187541 tips-membedakan-suku-cadang-aspal-84GYzpt4hY.jpg Ilustrasi (foto: Okezone)

JAKARTA – Secara umum suku cadang baik roda dua maupun roda empat telah banyak beredar dan mudah didapatkan, namun telah menjadi rahasia umum banyaknya beredar suku cadang aspal (Asli tapi palsu). Bahkan banyak konsumen yang tidak bisa membedakan mana barang original dan aspal.

Sebab barang aspal sengaja dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan barang original, bahkan mulai dari kemasan hingga suku cadangnya dibuat sama persis. Kondisi inilah yang membuat banyak konsumen terjebak oleh barang aspal yang banyak beredar di pasaran.

“Saat ini sulit membedakan antar barang palsu dan asli, selain dibutuhkan kejujuran dari penjual, pembeli juga harus teliti memperhatikan kualitas suku cadang yang beredar di pasaran umum,” tegas Taufik, mekanik Mirza Autocare, Bekasi.

Sebagai informasi biasanya komponen suku cadang yang biasa dipalsukan adalah barang-barang yang fast moving atau barang yang memiliki perputaran jual cepat seperti oli, Busi, kampas rem, gear, rantai dan beberapa suku cadang lain.

Lanatas bagaimana cara mudah mengenali sukucadang aspal? Berikut tips/cara untuk mengenali suku cadang aspal.

1. Harga

Faktor yang mudah membedakan adalah harga, biasanya suku cadang aspal ditawarkan dengan harga lebih murah bahkan bisa mencapai setengah dari harga suku cadang aslinya.

2. Bungkus/Kemasan

Produk atau kemasan suku cadang aspal saat ini sudah banyak yang mirip dengan kemasan originalnya, bahkan strategi penggunaan label hologram pada suku cadang asli dapat pula dipalsukan oleh suku cadang palsu. Namun jika kita teliti kita bisa membedakan jenis hologram antara yang aspal dengan orginal.

3. Bahan komponen

Perhatikan komponen yang digunakan pada suku cadang, biasanya untuk barang aspal kualitas bahan yang digunakan memiliki kualitas rendah dibanding barang original.

4. Garansi

Perhatikan garansi yang diberikan, untuk suku cadang asli garansi diberikan langsung oleh prinsipil atau produsen kendaraan. wasapadai garansi suku cadang toko ataupun distributor.

5. Beli suku cadang di bengkel resmi

Cara aman dan nyaman adalah melakukan service dan penggantian suku cadang di bengkel resmi. Walaupun banyak pandangan harga suku cadangnya mahal, namun jaminan kualitas serta garansi bisa dipertanggung jawabkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini