Share

Gedung Canggih Bisa "Parkirkan" Mobil dalam Tiga Menit

Anton Suhartono, Okezone · Rabu 29 Juli 2015 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 28 15 1186648 gedung-canggih-bisa-pakirkan-mobil-dalam-tiga-menit-aF3AN1C39j.jpg Gedung parkir canggih di Zenghzou China manjakan pemilik mobil (Euro Pics)
ZHENGHZOU - Punya rumah namun lahannya terbatas untuk menampung mobil? Gedung parkir ini mungkin solusinya. Di Zhenghzou, China, terdapat gedung khusus untuk menampung mobil.
 
Namun, ini bukan gedung parkir biasa. Bangunan berlantai 24 tersebut sudah dilengkapi peralatan canggih sehingga pengemudi tinggal menekan tombol lalu sistem bekerja menaruh mobil tersebut di ruang yang kosong.
 
Seperti diberitakan Daily Mail, pemilik tinggal membawa mobilnya ke loading plaftorm. Lalu menekan tombol dengan menekan angka sesuai nomor kendaraan. Mobil akan diangkat menggunakan hidrolik dan diletakkan ke space kosong di gedung setinggi sekira 30 meter itu. Hanya dibutuhkan waktu tiga menit sampai mobil menempati posisinya. Gedung parkir tersebut sanggup menampung hinga 250 mobil.
 
Solusi parkir cerdas semakin berkembang di berbagai negara. Minimnya lahan kosong membuat pemerintah harus memutar otak mencari solusinya.
 
Selain menyediakan gedung khusus parkir seperti di China, ada pula aplikasi yang bisa membantu pengemudi mencari lahan parkir kosong. Praktik ini sudah digunakan di banyak kota di Inggris. Pembayaran tarif parkir juga bisa dilakukan melalui aplikasi smartphone tersebut.
 
Selain itu, produsen automotif juga mengembangkan teknologi autoparking yang memungkinkan kendaraan bisa parkir sendiri dengan hanya memencet satu tombol. Teknologi ini bisa menjadi solusi di tempat yang lahan parkirnya sangat sempit. Pengemudi bisa keluar dari mobil lebih dahulu lalu menekan tombol yang terdapat di kunci kontak. Mobil pun akan bergerak sendiri.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini