Share

Mobil Listrik dari China Terinspirasi Film 'Knight Rider'

Anton Suhartono, Okezone · Selasa 28 Juli 2015 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 28 15 1186465 mobil-listrik-dari-china-terinspirasi-film-knight-rider-VdKfP0iXs7.jpg Mobil listrik asal China Youxia X terinspirasi dari film Knight Rider (Carnewschina)

BEIJING - Youxia, produsen mobil yang berbasis di Shanghai, China, membuat mobil listrik yang akan menjadi pesaing Tesla, produk sekelas asal Amerika Serikat.

Mobil sedan yang diberi nama Youxia X itu ditenagai motor listrik bertenaga 348 hp dan torsi 440 nm. Mobil bisa menjelajah hingga 460 kilometer untuk sekali charge (bergantung kapasitas baterai). Demikian seperti dikutip dari Carnewschina, Selasa (28/7/2015).

Rencananya mobil tersebut mulai masuk jalur produksi pada 2016 dan dijual pada 2017.

Tampilan depan mobil ini sekilas sama dengan Tesla, mengedepankan kesan futuristis. Grille depan merupakan layar yang dapat menampilkan beberapa gambar. Youxia sendiri merupakan nama China dari superhero dalam serial televisi di Amerika Serikat, 'Knight Rider'.

Gagasan untuk membuat mobil listrik Yuoxia datang dari seorang pemuda berusia 28 tahun yang juga penggemar 'Knight Rider', Huang Xiuyuan. Sementara 'X' terinspirasi dari mimpi yang ia alami pada 2014.

Huang lalu membentuk tim yang terdiri dari 50 ahli dan desainer untuk membuat mobil futuristis bertenaga listrik. Mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam 5,6 detik. 

Yuoxia X akan dibanderol 200 ribu hingga 300 ribu yuan (Rp434,8 juta sampai Rp652,3 juta). Mobil ini akan bersaing dengan Tesla Model 3. Namun harga Youxia X bakal di bawah banderol Model 3. Salah satu alasannya, mobil ramah lingkungan mendapat insentif sebesar 90 ribu yuan dari Pemerintah China.

Pihak Yuoxia menyatakan harga tersebut bisa meningkatkan daya saingnya dengan produk Tesla.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini