Share

Sering Hantam Lubang, Berikut Gejala Kerusakan Pada Roda

Mufrod, Okezone · Selasa 28 Juli 2015 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 27 15 1186287 sering-hantam-lubang-berikut-gejala-kerusakan-pada-roda-440IBZZUDH.jpg Foto Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA – Saat perjalanan mudik dan pulang mudik sering kali kita berhadapan dengan lubang disetiap wilayah yang dilalui, hal ini menjadi wajar karena selain kurangnya penerangan biasanya pemudik juga tidak terlalu kuasai medan jalan sehingga tidak tahu persis posisi lubang.

Seringnya roda mobil berhadapan dengan lubang tentu bisa mengakibatkan kondisi ban benjol bahkan terjadi keretakan pada dindingnya. Bahkan jika kondisi ini dibiarkan maka bisa berakibat fatal, dimana ban bisa meletus sewaktu-waktu saat mobil sedang melaju dengan kecepatan tinggi.

“Banyak bahaya yang bisa ditimbulkan jika kondisi kendaraan sering menghajar lubang, selain mengakibatkan ban meledak, bisa juga mengakibatkan pelek pecah akibat menghajar lubang dengan keras,” ungkap Adi, mekanik Mirza Autocare, Bekasi.

Berikut ciri-ciri gejala kaki-kaki bermasalah saat mobil sering menghantam lubang jalan:

1. Kendali mobil sering tidak stabil, dimana roda kemudi sering membuang ke kanan dan kekiri.

2. Saat mobil dibawa dengan kecepatan tinggi, sering terjadi getaran pada setir kemudi hal bisa diakibatkan karena roda berputar tidak stabil atau ada kerusakan pada bagian kaki-kaki.

3. Perhatikan posisi stir jika berada pada posisi lurus namun roda tidak center mengikuti arah kemudi, maka bagian roda bermasalah.

4. Kerusakan kaki-kaki juga bisa dirasakan ketika berada di jalan mulus namun stir mengalami getaran.

5. Sering terjadi limbung saat dan berat sebelah saat mengemudi dalam beberapa kecepatan tertentu.

Jika terjadi kondisi seperti ini, segera lakukan pengecekan, bahkan biasanya jika kerusakan tidak terlalu parah, maka bawa kebengkel dan lakukan spooring dan balancing.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini