Share

Komponen Mobil yang Sebaiknya Dicek & Diganti sebelum Mudik

Pius Mali, Okezone · Selasa 07 Juli 2015 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 06 15 1177340 komponen-mobil-yang-sebaiknya-dicek-diganti-sebelum-mud-z6ROi5Nr5Z.jpg Ilustrasi servis mobil (Pius/Okezone)

JAKARTA - Sebelum digunakan untuk mudik, apalagi yang akan digunakan untuk perjalanan jauh, mobil diservis. Servis yang dilakukan pun beragam, seperti pengecekan ringan hingga penggantian suku cadang.

Rovy Arvian, calon pemudik yang juga anggota klub mobil Toyota Avanza Veloz (Velozity), menerangkan, mengganti beberapa komponen kendaraan kendaraan penting agar mobil siap diajak berjalan jauh.

"Hal yang jelas oli, itu wajib ganti. Walaupun misalnya sebulan sebelumnya sudah diganti, tapi saat mudik diganti lagi. Karena saya pergi-pulang jauh, ke Sumatera Barat. Sama servis ringan, cek mesin, lampu-lampu juga, terus klakson," ujarnya kepada Okezone.

Lebih lanjut ia menambahkan, saringan (filter) udara, filter oli, dan filter bahan bakar juga harus dicek dan dibersihkan. Untuk filter udara, tegas dia, sebaiknya diganti dengan yang baru. Penggunaan komponen yang tidak standar pabrikan sebisa mungkin dihindari demi terhindari dari hal-hal tidak terduga selama perjalanan.

"Filter udara, oli, dan bensin dicek juga kondisinya. Tapi kalau pengalaman saya, filter udara lebih baik diganti supaya kerjanya maksimal. Mesin juga tarikannya lebih enteng. Kita kan mau jalan jauh, bukan hanya dipakai dalam kota saja," tutup dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini