Share

Pemuda Bandung Terpilih Jadi King of Datsun Go

Deny Irawan, Koran SI · Minggu 05 Juli 2015 20:44 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 05 15 1176695 pemuda-bandung-terpilih-jadi-king-of-datsun-go-sixLX1rszL.jpg

TANGERANG - Tak salah jika Kota Bandung dikenal sebagai kota kreatif. Hal itu terbukti dengan kembalinya seorang pemuda setempat meraih prestasi dalam bidang kreatifitas otomotif. Pemuda ITB jurusan Desain Produk lulusan 2014 bernama Ardhyaska Amy itu berhasil menyingkirkan ribuan peserta.

Pria berusia 24 tahun itu mampu menyabet juara utama atau disebut ‘King of Datsun Go’ dalam lomba desain bertajuk Datsun Go Xplore Your Style Digital Contest. Ardhyaska pun diganjar Rp10 juta dan mendapat tiket berlibur ke Afrika Selatan sejak 29 Juni-4 Junli 2015.

Tak hanya itu, karyanya pun diseriusi Datsun Jepang untuk menjadi miniatur (diecaste) mobil itu dengan edisi limited edition. Bujang asal Cicaheum tersebut mengaku imajinasi dari desain yang dipasang pada body Datsun GO hatchback itu berasal dari kegemarannya bermain game Need for Speed. Ardhyaska mengklaim tak menyangka akan memenangi lomba bergengsi yang dibuka sejak Oktober 2014 sampai April 2015 tersebut.

"Saya tidak menyangka bisa menang, sebab saya ngerjain desainnya dadakan. Ini ikutan juga karena diberitahu teman, kebetulan kerjaan saya sedang tak begitu sibuk jadi bisa ikutan," terang Ardhyaska.

Dia mengaku senang hobinya itu dapat membuahkan hasil karena memang sejak kecil dirinya sering membuat mainan mobil. Sejak mendapat kabar dari teman yang merupakan satu hobi dan satu komunitas dalam desain, Ardhyaska pun langsung mengikuti lomba tersebut.

"Saya dapat kabar dari teman yang tergabung dalam grup facebook modifikasi Indonesia, saya ikut di akhir-akhir penutupan lomba," jelasnya.

Sebenarnya, kategori yang disampaikan dalam persyaratan lomba desain Datsun itu bebas. Tetapi dirinya menjelaskan, kenapa dia sampai mendesain Datsun Rally Go South Africa.

"Saya sesuaikan sama dengan tema-nya dan dengan hadiahnya, yakni Datsun Go Rally South Africa," terang pemuda yang sehari-hari bekerja di perusahaan yang juga di bidang otomotif yakni PT Sari Mas Ahmadi Pratama.

Yang diakuinya paling sulit dalam mendesain mobil tersebut menurut Ardhyaska tingkat kesulitannya ada pada detailnya. "Detailnya yang sulit, karena saya ingin agar konsepnya sesuai dengan kenyataan. Saya kirim tiga konsep, satu rally, satu race car dan satu grand touristmo," tuturnya.

Ardhyaska Amy juga mengungkapkan kesenangannya bisa nge-trip ke Afrika Selatan, apalagi dia ditemani juga ayahnya Ade Maman Qodirman. "Saya enggak punya pacar, masih jomblo. Jadi Ayah saya yang saya ajak. Memang sejak awal saya dah tahu nge-trip di sini (Afrika Selatan) pasti asik banget, pokoknya enggak akan lupa lah," kata Ardhyaska seraya tertawa.

Memang pengalaman yang diberikan Datsun untuk bermalam di tengah hutan konservasi buatan Welgevonden Game Reserve, Vaalwater, Limpopo, Afrika Selatan sangat mengasikan.

Tak hanya nge-trip di Kota Victoria, dia pun mendapat kesempatan pertama mendampingi penunggangan Datsun Go Rally hasil modifikasi pemenang di Afrika Selatan, di Gerotek Track Facility.

Sementara itu, Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia menjelaskan, kontes modifikasi dilakukan untuk melanjutkan suksesnya bagi para risers di Indonesia untuk memiliki kendaraaan impian mereka sejak diluncurkan pada 2014. "Kami bagi menjadi dua kategori, digital modification contest bagi pengguna media sosial, serta On-ground modification contest bagi midification house," terangnya.

Melalui kontes tersebut, Datsun mengajak para risers di Indonesia untuk menuangkan kreatifitasnya dalam memodifikasi Datsun Go Panca. "Datsun Go Panca adalah kendaraan hatchback yang sporty dan stylish," ungkapnya.

Indriani juga menjelaskan, hadiah untuk pemenang utama uang tunai Rp10 juta serta paket liburan ke Afrika Selatan. Sedangkan runner up pertama mendapatkan uang tunai Rp7 juta. Serta runner up kedua mendapatkan uang tunai Rp5 juta. Sedangkan juara ketiga mendapatkan Rp2,5 juta. Kenapa Afrika Selatan, dia mengaku, karena di Afrika Selatan juga kontes seperti itu sedang digelar, sehingga ada pertukaran pemenang.

"Selain mendapatkan uang tunai, King of Datsun atau pemenang utama, runner up pertama dan kedua akan mendapatkan privilege berupa diecast dengan desain yang mereka menangkan dari Tomica," tuntasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini