Share

Gara-Gara Tragedi 9/11, Pria Ini Beli 450 Mobil Damkar

Anton Suhartono, Okezone · Senin 06 Juli 2015 07:44 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 03 15 1175829 gara-gara-tragedi-9-11-pria-ini-beli-450-mobil-damkar-esLmtj9qMh.jpg Pengusaha asal New York Andrew Leider memgoleksi 450 unit mobil pemadam kebakaran (Barcroft Cars)

NEW YORK - Seorang pengusaha berusia 63 tahun di Kota New York, Amerika Serikat, bernama Andrew Leider mengoleksi 450 mobil pemadam kebakaran (damkar). Hal ini dilakukan Leider untuk menghormati para petugas pemadam kebakaran dalam tragedi serangan WTC dan beberapa lokasi di AS pada 11 September 2001.

Leider mengatakan mulai membeli mobil pemadam kebakaran 13 tahun lalu. Nilai ratusan kendaraannya itu mencapai USD1 juta atau sekira Rp13,3 miliar. Mobil-mobil tersebut diparkir di tiga gudang yakni di New York dan Pennsylvania.

“Saya bisa minum, berjudi, punya pesawat, ini sebuah hobi. Saya bekerja bersama para petugas pemadam kebakaran pada 11 September dan sangat mengapresiasi kepahlawanan mereka, kemudian saya kira mereka patut diberi penghormatan," ungkap Leider, seperti dikutip dari Daily Mail.

Mobil-mobil itu didapatnya dari dinas pemadam kebakaran di berbagai daerah di Amerika Serikat. Lalu ada juga yang dibeli secara khusus karena keunikannya dengan harga puluhan ribu dolar.

Bahkan di antara koleksinya, ada yang berasal dari zaman Perang Dunia I.

Di dalam daftar koleksinya juga terparkir Maxim buatan 1940, yakni hanya satu dari dua yang dibuat sebelum Perang Dunia II. Satu unit khusus dibuat untuk Kota New York.

Sebagian dari mobil pemadam kebakaran tersebut masih dapat digunakan. Leider pun terkadang menggunakannya untuk sekadar berputar-putar seperti ke SPBU untuk mengisi bahan bakar.

“Sangat menyenangkan mengendarainya dan lebih senang lagi kalau ada orang yang melihat truk-truk ini dan mengapresiasinya,” ungkap dia.

Ia memiliki rencana menyumbangkan mobil-mobil itu untuk kepentingan museum di New York dan Pennsylvania.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini