Share

Bus Tingkat Bertenaga Listrik Pertama di Dunia

Anton Suhartono, Okezone · Jum'at 03 Juli 2015 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 03 15 1175669 bus-tingkat-bertenaga-listrik-pertama-di-dunia-aHQZ5Pt239.jpg Bus listrik bertingkat dua pertama di dunia yang dioperasikan untuk umum (Ilustrasi, urban75.org)
LONDON - Wali Kota London Boris Johnson mengumumkan uji coba bus listrik dua tingkat di acara Clean Bus Summit. Ini merupakan bus listrik bertingkat dua pertama di dunia yang dioperasikan.

Johnson mengungkapkan bus tersebut siap melayani warga mulai tahun ini.

"Clean Bus Summit dan uji coba ini merupakan bukti dari upaya wali kota untuk mengurangi emisi dari bus-bus umum di London, di mana bus ini merupakan yang paling "hijau" di dunia," terang Johnson dalam pernyataan resminya.

Sementara itu baterai yang digunakan bus listrik tersebut merupakan hasil kerjasama dengan perusahaan China.

Dengan beroperasinya bus ini, Johnson berhasil mengurangi emisi NOx di London sehingga 50 persen pada akhir masa jabatannya di 2016 dibanding saat ia pertama menjabat 2008.

Berdasarkan data, sejak 2008 kebijakan Johnson sudah menghasilkan lebih dari 1.300 bus hybrid serta mengganti teknologi mesin pada 1.400 bus sehingga mampu mengurangi emisi hingga 88 persen.

Sementara itu, bus listrik akan mulai beroperasi pada Oktober dengan trayek Route 16 yakni dari Cricklewood menuju Stasiun Victoria.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini