Share

Istirahatlah 15-30 Menit Setiap Dua Jam Mengemudi

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 01 Juli 2015 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 30 15 1174062 istirahatlah-15-30-menit-setiap-dua-jam-mengemudi-3QyZhLaQDI.jpg Istirahatlah 15-30 Menit Setiap Dua Jam Mengemudi (Dailymail)

JAKARTA - Tradisi masyarakat Indonesia menjelang Lebaran adalah mudik atau pulang kampung. Tidak sedikit para pemudik menggunakan mobil pribadi untuk menuju kampung halaman. Bila sudah memutuskan menggunakan mobil pribadi, banyak hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan tidak hanya mobil tapi juga fisik dari pengemudi.

Banyak kecelakaan disebabkan bukan dari faktor kendaraan tapi pengemudi. Karena itu bila ingin menempuh perjalanan jauh lebih baik sehari sebelum mudik, pengemudi harus istirahat penuh, dan selama di perjalanan dianjurkan beristirahat setidaknya 15 sampai 30 menit.

"Faktor kecelakaan itu lebih banyak disebabkan oleh fisik dari orang yang mengemudi. Jadi anjurannya bila mengemudi setiap dua jam sebaiknya berhenti dan istirahat paling tidak 15 menit sampai 30 menit untuk merenggangkan otot-otot mata dan menghirup oksigen," ujar General Manager Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Dedi Hendriadi.

Ia menegaskan, mengemudi dalam kondisi mengantuk harus dihindari karena refleks pengemudi akan berkurang.

Hal lain yang perlu diperhatikan jika akan menempuh perjalanan jauh, sebaiknya pengemudi makan-makanan yang bergizi dan minum yang cukup. Kekurangan cairan bisa menurunkan tingkat konsentrasi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini