Share

Porsche Gugat Perusahaan Mobil China karena "Jiplak" Macan

Santo Evren Sirait, Okezone · Selasa 30 Juni 2015 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 30 15 1173491 porsche-gugat-perusahaan-mobil-china-karena-jiplak-macan-WEMBopd9u2.jpg Mobil China yang meniru desain Porsche Macan (carnewschina)

STUTTGART - Pabrikan mobil sport mewah asal Jerman, kabarnya akan menggugat produsen mobil asal China, Zotye Auto karena salah satu produknya, Zotye T700 telah meniru desain Macan. Demikian dilansir dari Worldcarfans, Selasa (30/6/2015).

Tindakan hukum yang diambil oleh Porsche sah-sah saja, namun menurut Automobil Produktion yang dikutip dari laman automobil-produktion.de, hal tersebut akan menjadi pekerjaan yang sia-sia karena untuk menegakkan hukum hak cipta di China sangat sulit.

Sebagai contoh, Jaguar Land Rover discovered pernah mengambil tindakan hukum terhadap pabrikan mobil China Landwind, karena memproduksi mobil X7 dengan desain mirip Range Rover Evoque. Bahkan, CEO Jaguar Land Rover, Ralf Speth mengatakan perusahaan tidak bisa mencegah X7 dipasarkan.

Menurut rencana Zotye T700 mulai dipasarkan tahun depan di China. T700 dibanderol mulai 170.000 yuan atau setara Rp374 juta. Harga tersebut seakan melecehkan Porsche Macan yang dihargai mulai 558.000 yuan atau sekira Rp1,2 miliar.

Zotye Auto sering dikritik karena banyak meniru desain mobil buatan pabrikan mobil ternama khususnya mobil city car seperti Smart ForTwo, dan T600, serta Volkswagen Tiguan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini