Share

Buat Pabrik Baru, Suzuki Diminta Perhatikan Industri Lokal

Pius Mali, Okezone · Jum'at 29 Mei 2015 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 29 15 1157516 buat-pabrik-baru-suzuki-diminta-perhatikan-industri-lokal-EknOa5GwDs.jpg Proses perakitan Suzuki Ertiga di Pabrik Suzuki Plant Cikarang (Pius/Okezone)

CIKARANG - Pabrik baru untuk merakit mobil dan memproduksi mesin serta transmisi milik PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) secara resmi dibuka. Kehadiran pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, ini diharapkan dapat membantu pemasok komponen lokal.

Hal tersebut seperti diungkapkan Dirjen Industri Logam Kementerian Perindustrian, Putu Surya Wiryawan, yang mewakili Menteri Perindustrian Saleh Husein di acara peresmian hari ini. "Pemerintah titip pesan kepada Suzuki untuk memerhatikan pemasok lokal, khususnya juga yang ada di sekitar Cikarang," ujarnya, Jumat (29/5/2015).

Lebih lanjut Putu mengatakan, pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian tidak bisa membuat peraturan yang membatasi industri. Pemerintah juga harus memberi dukungan kepada para produsen automotif untuk menggandeng industri lokal.

Sebagaimana diketahui, Suzuki Cikarang Plant berdiri di atas tanah seluasa 130,7 hektare dan dibagi dua area proses produksi, yakni power train production untuk memproduksi mesin berikut sistem transmisi serta assembly production sebagai tempat perakitan mobil Suzuki.

Pabrik baru ini mampu menyerap tenaga kerja 1.152 orang dengan total produksi kendaraan roda empat mencapai total 106 ribu unit per tahunnya untuk pasar domestik maupun ekspor.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini