Share

Lima Langkah Mengecek Transmisi Otomatis Mobil Bekas

Mufrod, Okezone · Jum'at 29 Mei 2015 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 28 15 1156951 lima-langkah-mengecek-transmisi-otomatis-mobil-bekas-QJDh88YnzB.jpg ilustrasi (foto : Indonesiaautoblog)

JAKARTA - Pasar mobil bekas terus tumbuh seiring meningkatnya kebutuhan akan alat transportasi pribadi yang berharga miring. Namun memilih mobil bekas yang masih dalam kondisi prima membutuhkan pengetahuan yang dalam tentang seluk beluk komponen kendaraan, termasuk mobil bertransmisi otomatis.

Dalam memilih mobil yang transmisi otomatisnya masih baik, sebenarnya metode yang digunakan sama seperti menguji transmisi matik pada mobil baru. Namun diperlukan pemeriksaan lebih cermat dengan mengujinya.

"Cara yang tepat untuk menilai transmisi matik pada kendaraan bekas harus dilakukan pengecekan langsung pada bagian gearbox-nya. Selain itu, kita harus lakukan pengujian untuk menilai apakah ada masalah pada kinerja gearbox atau tidak," jelas Mahdi, mekanik Ramanda Motor.

Berikut beberapa langkah mengecek transmisi otomatis pada mobil bekas:

1. Periksa bagian saluran oli pada gearbox transmisi matik, apakah terdapat kebocoran. Pemeriksaan bisa dilakukan saat mesin hidup. Hal ini untuk memastikan tidak ada kecurangan dari penjual mobil.

2. Lakukan pengujian pada seluruh perpindahan gigi pada transmisi otomatis. Perpindahan akan terasa halus jika kondisi transmisi masih bagus.

3. Posisikan tuas pada "D" (drive), kemudian lepas rem. Jika mobil berjalan sendiri maka kondisi transmisi masih aman.

4. Apabila memungkinkan, lakukan pengujian di jalan menanjak, apakah mobil mampu melewatinya. Jika terjadi ketidakseimbangan antara putaran mesin dan tenaga, maka transmisi sudah mengalami slip.

5. Setelah oke, segera lakukan penggantian oli transmisi untuk memastikan komponen berfungsi sempurna. Lakukan perawatan dengan cara mengganti oli transmisi secara rutin.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini