Share

Menperin: Ekspor 30 Ribu Unit Honda BeAT eSP Masih Terlalu Kecil

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 27 Mei 2015 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 27 15 1156075 menperin-ekspor-30-ribu-unit-honda-beat-esp-masih-terlalu-kecil-3CNfLzxIw6.jpg Menperin: Ekspor 30 Ribu Unit Honda BeAT eSP Masih Terlalu Kecil (Santo)

CIKARANG - PT Astra Honda Motor (AHM) telah melakukan ekspor All New Honda BeAT eSP ke Filipina. AHM menargetkan akan mengekspor sebanyak 30 ribu unit Honda BeAT eSP tahun ini. Namun, menurut Menteri Perindustrian Saleh Husin angka tersebut masih terbilang kecil bila dibandingkan dengan kapasitas produksi sepeda motor Honda di Pabrik Cikarang, Jawa Barat.

"Ekspor sudah dimulai dengan volume ekspor 30 ribu unit pertahun, jumlah ini masih terlalu kecil dibanding dengan kapasitas produksi pabrik AHM di Cikarang yang mencapai total 1,1 juta unit pertahun dan tentu kami mengharapkan kalau bisa tahun depan ekspornya bisa menembus angka 100 ribu. Mungkin sebagai awalan sebanyak 50 ribu dulu awal tahun depan dan diharapkan akhir tahun 2016 sudah mencapai 100 ribu," ungkapnya di sela acara pelepasan eskpor perdana All New Honda BeAT eSP.

Saleh menyambut baik atas ekspor All New Honda BeAT eSP ke Filipina yang dilakukan AHM, ia juga akan terus mendorong AHM dan produsen automotif lainnya untuk melakukan ekspor kendaraan.

"Ekspor automotif harus kita dorong dan untuk itu maka strategi kebijakan pengembangan automotif nasional yang masih berorientasi domestik harus dikurangi. Kebijakan pengembangan yang masih berorientasi domestik tersebut menyebabkan produk automotif Indonesia susah masuk ke pasar Internasional. Oleh karena itu, strategi pengembangan industri automotif ke depan harus kita arahkan selain untuk pemenuhan pasar dalam negeri harus berorientasi ekspor agar produk kita semakin berkiprah di pasar internasional," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini