Share

Langkah Memeriksa dan Merawat Rantai Motor

Pius Mali, Okezone · Jum'at 22 Mei 2015 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 21 15 1153278 langkah-memeriksa-dan-merawat-rantai-motor-s7lKmCJd9C.jpg (Zeromotorcycles)

JAKARTA - Rantai menjadi peranti vital pada sepeda motor. Ini berkaitan dengan fungsinya untuk menggerakkan roda. Karena itu, rantai juga perlu mendapat perhatian.

Tak sulit untuk memeriksa dan merawat rantai. Hal pertama, periksa kekencangan atau setelannya.

"Periksa kondisi kekencangan rantai saat akan berkendara, kalau perlu disetel. Hal ini akan memengaruhi saat motor dikendarai. Lalu, lumasi rantai dengan chain lube, bukan dengan oli bekas,” ungkap M Abidin, GM Motorsport and After Sales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Lebih lanjut Abidin menambahkan, periksa juga kondisi gir. Rantai yang tiba-tiba lepas bisa karena kondisi gir lancip bahkan bengkok.

"Kemudian, selalu konsultasikan kondisi rantai dan gear sprocket saat melakukan servis berkala. Ini untuk memastikan motor dalam kondisi yang normal saat dikendarai oleh konsumen,” lanjutnya.

Selain itu, sebisa mungkin selalu bersihkan rantai usai melewati jalan becek dan banjir. Ini untuk mencegah kotoran yang masuk dan menempel di celah-celah rantai.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini