Share

Truk Kontainer Ini Bisa Melaju Tanpa Disetir

Anton Suhartono, Okezone · Kamis 07 Mei 2015 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 06 15 1145505 truk-kontainer-ini-bisa-melaju-tanpa-disetir-1499TbaYMC.jpg Truk Daimler Freightliner sukses diuji coba di Nevada (Ilustrasi, Freightliner)
NEVADA - Pemerintah Negara Bagian Nevada, Amerika Serikat, memberi izin kepada Daimler AG, produsen terbesar truk di dunia, untuk menguji coba truk berteknologi tanpa sopir atau autonomous driving. Uji coba dilakukan di Las Vegas Motor Speedway.
 
Ini merupakan pengujian pertama kali truk tanpa sopir di Nevada yang dilakukan produsen tersebut.
 
“Hari ini merupakan sejarah,” tutur Brian Sandoval, Gubernur Negara Bagian Nevada, mengomentari uji coba truk besar supercanggih tersebut, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (7/5/2015).
 
Sementara pihak Daimler, Wolfgang Bernhard, mengatakan, sebelum di jalan sesungguhnya, truk yang dipasarkan dengan brand Freightliner itu sudah diuji di trek khusus sejauh 16 ribu kilometer.

Truk Daimler juga pernah diuji di jalan bebas hambatan autobahn di Jerman.

“Kami melakukan langkah pertama yang penting di jalur yang benar. Anda harus memiliki mimpi,” ungkapnya.

Menurut Bernhard, 90 persen kecelakaan lalu lintas disebabkan kesalahan manusia. Karena itu, melalui penggunaan teknologi autonomous driving diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan.

Meski bisa melaju ke lokasi tujuan dengan sendiri, sopir tetap duduk di belakang kemudi. Namun, ia bisa melakukan aktivitas lain seperti membaca, membuat rencana perjalanan, membuat tagihan, atau lainnya.

Produsen yang menaungi brand Mercedes Benz itu bukan satu-satunya produsen truk yang mengunakan teknologi serupa. Scania, yang juga bagian dari Volkswagen, membuat teknologi beberapa truk bisa berjalan beriringan hanya dengan mengandalkan satu sopir yakni di kendaraan paling depan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini