Share

Sulitnya Mengajarkan Berkendara Motor yang Aman kepada Remaja

Anton Suhartono, Okezone · Sabtu 02 Mei 2015 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 02 15 1143454 sulitnya-mengajarkan-berkendara-motor-yang-aman-kepada-remaja-TTGUGfDZsR.jpg Tidak mudah mengajarkan safety riding kepada para siswa SMA (WMS)
JAKARTA - Tidak mudah mengajarkan siswa tentang bagaimana bekendara sepeda motor yang aman. Seperti dialami Tim Safety Riding Promotion (SRP) Wahana Makmur Sejati, main dealer motor Honda Jakarta-Tangerang, saat memberikan edukasi kepada siswa sebuah SMK di Jakarta Selatan belum lama ini.
 
"Susah-susah gampang merangkul dan mendapat perhatian remaja yang duduk di bangku SMA. Mengakali kesulitan ini kami coba gunakan gaya berteman dengan para pelajar. Alhasil, banyak candaan yang sering terlontar ketika mendekati secara personal dalam memberikan pemahaman betapa pentingnya safety riding,” papar Siswanto, Instruktur SRP Wahana.
 
Agar memastikan materi yang disampaikan sudah dikuasai para siswa, para instruktur menggunakan pendekatan personal dengan bertukar pendapat bersama mereka.
 
Sementara instruktur lainnya, Agus Sani, menambahkan, Tim SRP coba memberikan pemahaman kepada para siswa agar selalu waspada di jalan raya dan menghindari sikap ngotot.
 
"Namanya juga jiwa muda, kesenggol sedikit atau sedang ada masalah, pasti usia SMA ini akan langsung ngotot. Kekesalan inilah yang nantinya bisa berpengaruh terhadap sikap berkendara mereka,” paparnya.
 
Sikap selalu waspada di jalan sangat ditekankan dalam edukasi ini. Ramainya lalu lintas dengan berbagai kendaraan dan perilaku pengemudinya perlu disikapi dengan bijak.
 
Menjadi pengendara yang sadar dan selalu waspada terhadap setiap gerak-gerik pengendara lain adalah hal yang perlu dilatih sehingga mereka dapat merespons dengan baik setiap kondisi lalu lintas, jalan raya, dan perilaku pengendara lainnya yang dapat membahayakan diri.
 
"Pandangan mata harus ke depan. Jangan main handphone saat berkendara, cermati semua gerak-gerik pengendara di jalan. Jika ada yang ceroboh, jaga jarak dan gunakan kaca spion sebagai alat bantu memantau kondisi di belakang kita, dan jangan sungkan untuk gunakan lampu sein ketika ingin berbelok atau membunyikan klakson untuk memberitahu keberadaan kita pada pengendara lain," tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini