Share

Aturan Pelaporan Kecelakaan Mobil di AS Dinilai Untungkan Produsen

Mufrod, Okezone · Sabtu 02 Mei 2015 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 01 15 1143314 aturan-pelaporan-kecelakaan-mobil-di-as-dinilai-untungkan-konsumen-TvE7AD4Zco.jpg Akibat airbag tidak bekerja maksimal perempuan 69 tahun patah tulang leher (Ilustrasi : Okezone)
DETROIT - Ratusan kasus kecelakaan yang terjadi di Amerika Serikat (AS) setiap tahun tidak dilaporkan ke Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan AS (NHTSA). Pasalnya kecelakaan tersebut melibatkan kendaraan berusia 10 tahun ke atas.
 
Dalam peraturan lalu lintas di AS, kecelakaan melibatkan kendaraan berusia di atas satu dekade tidak wajib dilaporkan. Padahal seharusnya setiap kasus dilaporkan untuk diselidiki penyebabnya. Aturan ini pun dikritisi oleh NHTSA.
 
“Peraturan pemberlakukan laporan kecelakaan harus diubah, karena hal ini bisa sangat menguntungkan produsen kendaraan,” tegas Joan Claybrook, administrator NHTSA seperti dikutip dari Autonews.
 
Dari penyelidikan tersebut, kata Claybrook, akan diketahui apakah mobil memiliki standardisasi keamanan yang sudah ditentukan atau tidak.
 
Jika dalam kecelakaan tersebut perangkat keselamatan kendaran tidak berfungsi sehingga menyebabkan pengendara luka, maka NHTSA berhak memberikan sanksi berupa penarikan produk atau recall.
 
Peraturan ini menjadi perhatian NHTSA terkait kecelakaan yang menyebabkan seorang perempuan berusia 69 tahun, Moulton dari Dearborn, Michigan, menderita patah tulang. Honda CR-V berusia di atas 10 tahun yang ditumpanginya menabrak tiang listrik.
 
Penyebabnya, airbag pada mobil SUV itu tidak bekerja dengan sempurna. Karena itu, Moulton menggugat produsen mobil, namun belum mendapat kepastian soal kompensasi atas kerugian akibat kecelakaan tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini