Share

Seluruh Bodi Toyota Avanza Dicoret Doodle Art

Pius Mali, Okezone · Jum'at 01 Mei 2015 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 30 15 1142841 seluruh-bodi-toyota-avanza-dicoret-doodle-art-hQOTL1U1ub.jpg Irvine, doodle artist yang turut menggambar di bodi Toyota Avanza (Pius/Okezone)

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyediakan satu unit Avanza Veloz di pelataran parkir sebuah restoran di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, kemarin. Mobil tersebut akan dipenuhi coretan di sekujur bodinya.

"Kalau tahun lalu kami buat coaching clinic, maka sekarang kami tampilkan sesuatu yang beda, yakni doodle art. Kalau kata anak muda, ini lagi hits banget, soalnya bebas mau gambar apa saja, spontan, terus mediumnya sesuai kehendak kreatornya. Maka dari itu, TAM menyediakan Avanza ini khusus untuk doodle art," ujar Widyawati Soedigdo, GM Corporate Planning and Public Relations PT TAM.

Widyawati menambahkan, doodle art yang dilakukan di Avanza Veloz ini mengusung tema 'Semangat 70 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Membangun Indonesia Melalui Kreativitas'. Pihaknya berharap hal ini menjadi inspirasi bagi industri-industri kreatif yang terkait dengan automotif.

Pada kesempatan yang sama, seorang seniman doodle art, Irvine, mengungkapkan, teknik seni yang satu ini sangat sederhana. Biasanya diawali dengan sebuah coretan iseng. Doodle art sendiri merupakan salah satu turunan dari aliran melukis abstrak.

"Kalau mau doodling biasanya cuma modal kertas dan spidol. Corat-coret iseng, sampai akhirnya terbentuk suatu objek. Kertasnya jangan yang gloosy, dan spidolnya menggunakan jenis sharpie atau posca. Orang Indonesia biasa bilang spidol akrilik," ujarnya.

Perempuan yang sudah menekuni doodle art selama empat tahun ini mengaku baru pertama kali membuat karya di bodi mobil. Meski Demikian, ia merasa tak ada yang berbeda menggambar baik di mobil maupun di secarik kertas.

"Mobilnya harus dilapisi menggunakan stiker dengan warna matte (dof). Ini biar warna asli tetap terjaga. Kalau stiker jenis ini juga bikin warna dari spidolnya lebih awet dan tidak mudah terhapus," lanjutnya.

Irvine mangaku tren ini memang belum marak dikalangan modifikator mobil, namun jika dilakukan dengan tepat dan indah, maka hasilnya tak kalah dengan cutting stiker yang kian menjamur. Meski demikian, harga untuk doodling di bodi mobil terbilang mahal karena harus disesuikan tema dan besarnya bodi mobil.

"Untuk doodle art sendiri mulai Rp1,5 juta, tapi ini bisa berubah, bergantung konsumen mau pesan desainnya apa. Daya tahannya bisa sampai enam bulan meski terkena panas maupun hujan atau bahkan dicuci," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini