Share

Penyebab Rem Sepeda Motor Kerap Berdecit

Pius Mali, Okezone · Kamis 30 April 2015 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 29 15 1142186 penyebab-rem-sepeda-motor-kerap-berdecit-NKIY79dGVt.jpg Ilustrasi cakram rem motor (autoevolution)

JAKARTA – Perangkat rem merupakan komponen penting yang menunjang keselamatan pengendara dan penumpang sepeda motor. Rem dirancang oleh pabrikan untuk bisa menahan laju kendaraan sesuai kebutuhan pengendara dan jenis motornya.

Namun, ada kalanya panahan laju motor ini tidak bekerja sempurna, salah satu terdengar bunyi berdecit. Ini menjadi tanda bahwa terdapat masalah. Pengendara sebaiknya mengetahui apa saja penyebab bunyi tersebut. 

"Bunyi berdecit biasanya timbul karena gesekan antardua benda yang keras dan licin. Pada kasus rem cakram, kemungkinan timbul suara itu karena gesekan kampas rem (brake pad) yang sudah aus atau habis dengan pelat logam. Sehingga, pelat logam yang mengikat kampas bersentuhan langsung dengan cakram," ujar M Abidin, GM Service dan Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Dia menambahkan, suara ini bisa juga terjadi akibat kampas mengeras karena panas yang timbul saat rem bekerja atau saat pengendara motor melakukan pengereman dengan keras.

"Lakukan pengecekan terlebih dahulu. Jika kondisinya masih baik (tebal) biasanya cukup diamplas atau dikikir menggunakan kikir halus agar permukaan kampas menjadi kasar dan lebih menggigit permukaan cakram. Jika sudah tipis sebaiknya diganti sesuai standar pabrikan," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini