Share

Rencana Touring Klub Moge Sejauh 6.000 Km Jalan Terus

Anton Suhartono, Okezone · Selasa 28 April 2015 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 28 15 1141044 rencana-touring-klub-moge-sejauh-6-000-km-jalan-terus-VQ3y9eJ8cL.jpg Klub moge asal Rusia The Night Wolves tetap melakukan touring Moskow-Berlin meski dilarang masuk ke Polandia (Foto: Reuters)

WARSAWA - Rencana touring komunitas motor gede (moge) asal Rusia, The Night Wolves, dari Moskow, Rusia, ke Berlin, Jerman, terganjal karena tidak mendapat izin masuk ke Polandia.

Touring dalam rangka memperingati 70 tahun kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman atau berakhirnya Perang Dunia II itu akan melintasi sejumlah negara, di antaranya Polandia, Republik Ceko, dan Slovakia, dengan jarak tempuh mencapai 6.000 kilometer.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Polandia, Marcin Wojciechowski, mengatakan, pihak Rusia sudah mengajukan izin agar 50 anggota Night Wolves bisa memasuki negaranya. Pihaknya pun sudah memberikan jawaban.

"Kementerian Luar Negeri sudah melayangkan pemberitahuan ke Kedutaan Besar Rusia di Warsawa tentang penolakan masuk ke Polandia bagi perwakilan klub The Night Wolves," demikian isi pernyataan Kemenlu Polandia seperti dikutip dari Reuters, Selasa (28/4/2015).

Marcin menegaskan, penolakan itu bukan bermotif politik tapi lebih kepada alasan administratif.

"Alasannya bukan ke politis, tapi pertimbangan formal,” ungkapnya, seraya menambahkan bahwa Rusia terlambat mengajukan izin, tidak menyebutkan rute yang akan dilintasi, akan menginap di mana saja, serta tidak ada daftar nama-nama anggota komunitas. 

Namun Kementerian Rusia membantah alasan tersebut. Pihak kementerian sudah memberikan data rinci mengenai rencana touring klub moge yang loyal terhadap Perdana Menteri Vladimir Putin itu.

Sementara itu Juru Bicara Night Wolves Anna Komarova, menegaskan, penolakan dari Polandia tidak menghalangi langkah klubnya untuk tetap melakukan perjalanan yang rencananya dimulai pada Sabtu mendatang. 

"Kami tidak membatalkan apa pun. Polandia adalah Polandia, hari ini dengan cara ini, besok ada cara lain," cetusnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini