Share

Kenali Penyebab Tali Gas Motor Sering Nyangkut

Pius Mali, Okezone · Selasa 28 April 2015 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 27 15 1140861 kenali-penyebab-tali-gas-motor-sering-nyangkut-Y1gP5ZWZXL.jpg (ridermagazine.com)

JAKARTA - Grip atau tali gas tidak balik ke posisi normal atau menyangkut kerap dialami oleh para pengendara sepeda motor. Umumnya terjadi pada motor dengan usia pakai lama, baik sport, bebek (moped), ataupun skutik.

"Semua jenis motor bisa mengalami hal ini. Jadi tidak tepat kalau cuma dibilang hanya di motor sport saja,” ujar Andri Irwan, punggawa bengkel Chemonk Modified.

Menurut dia, faktor yang membuat tali gas menyangkut umumnya karena kotor. Biasanya, ini terjadi pada motor yang jarang dirawat atau diservis rutin. Bagian dalam kabel gas sering terkena air sehingga perlahan mengalami korosi atau karat.

Selain kabel gas kotor, biasanya sebab lain adalah pemasangan grip gas tidak sesuai standar, sehingga membuat gas tidak normal.

"Kalau sudah dilihat dan dibersihkan kabel gasnya, memasangnya juga harus benar. Kalau pasangnya tidak tepat, itu juga bisa bikin nyangkut dan tidak balik," lanjutnya.

Lantas apa yang harus dilakukan jika menghadapi masalah ini? Andri menjawab, mesin motor harus dimatikan.

"Untuk motor sport, langsung pakai engine cut off. Motor lain cabut kunci kontak atau cara apa pun yang penting mesinnya mati. Setelah itu coba puntir grip gasnya, kalau sudah normal nyalakan lagi mesin dan gas jangan diputar sampai habis, pelan-pelan saja. Kalau belum normal, harus dicek ke bengkel terdekat," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini