Share

Kapan Cairan Penambah Oktan Bensin Motor Sebaiknya Digunakan?

Pius Mali, Okezone · Senin 27 April 2015 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 26 15 1140336 kapan-cairan-penambah-oktan-bensin-motor-sebaiknya-digunakan-unjpHAqKNb.jpg Ilustrasi pengisian bahan bakar di motor (Okezone)

JAKARTA - Saat ini banyak cairan yang diklaim bisa menghemat bahan bakar dan meningkatkan tenaga mesin sepeda motor dijual.

Tak sedikit pengendara yang menggunakan 'doping' ini untuk motornya, namun ada juga yang mempertanyakan khasiatnya.

"Saya pernah pakai, tidak terlalu signifikan. Sebenarnya alat kayak begitu cuma memperbaiki kualitas bahan bakar. Oktannya naik. Kalau demikian, pasti pembakarannya sempurna, dan motor jadi irit. Tarikannya juga jadi lebih ringan," ungkap Andri Irwan, punggawa bengkel Chemonk Modified.

Ia meyakini, cairan atau tablet ini memang sudah diuji oleh para produsen. Namun semua tergantung dari bikers, mau pakai atau tidak.

Menurut dia, untuk di kota besar, jika pengendara ingin bensin yang bersih dan beroktan tinggi pilihannya sudah banyak. Bahan bakar ber-RON di atas 90 mudah didapat di SPBU-SPBU.

"Paling benar kalau pakai alat ini kalau touring jarak jauh ke daerah terpencil. Kita tidak punya banyak pilihan jenis bensin, terus jarak antarpom bensin berjauhan. Jadi pakai premium saja, terus campurkan sesuai cara dan petunjuknya," lanjutnya.

Modifikator spesialis Kawasaki Ninja itu menambahkan, untuk mencegah efek negatif dari bahan kimia atau zat-zat lain di dalamnya, pengendara tetap harus melakukan perawatan motor secara berkala.

"Harus diingat, biar pun motor sudah pakai berbagai jenis 'doping', tetap harus diservis rutin. Jadi jangan kita cuma mengandalkan alat-alat instan kayak begitu," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini