Share

Mobil Supersonic Tercepat di Dunia, Bisa "Lari" 1.600 Km/Jam

Anton Suhartono, Okezone · Jum'at 24 April 2015 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 23 15 1139009 mobil-supersonic-tercepat-di-dunia-bisa-lari-1-600-km-jam-HGKrTS3sRE.jpg Bloodhounds SSC akan pecahkan rekor mobil tercepat di dunia dengan kecepatan 1.600 km/jam pada 2016 (Foto: Reuters)
LONDON - Bloodhound Supersonic Car (SSC) bakal menjadi mobil tercepat di dunia dengan kecepatan mencapai 1.600 kilometer per jam jika pengujian yang akan dilakukan pada 2016 sukses.
 
Saat ini mobil tersebut masih tahap pengembangan dan perakitan di fasilitas di dekat Bristol, Inggris. Hal yang menjadi fokus tim adalah sisi desain dan aerodinamis.
 
Nantinya Bloodhound SSC akan dikemudikan oleh Andy Green. Ia pernah memecahkan rekor dunia mengendarai mobil bernama Thrust SSC dengan kecepatan 1.228 km/jam pada 1997.
 
Green mengungkapkan, Bloodhound akan menjadi benda tercepat, bahkan dibandiing pesawat jet. Mobil tersebut dapat "berlari" sejauh 1,6 kilometer hanya dalam 3,6 detik.
 
“Pada tahun depan, kami akan memecahkan rekor kendaraan tercepat di darat dengan 1.600 km/jam. Catatan itu bukan hanya tercepat dibanding mobil apa pun dalam sejarah, tapi lebih cepat dari pesawat tempur jika diuji di darat,” ungkapnya, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (23/4/2015).
 
Kecepatan Bloodhound SSC juga lebih cepat dari peluru pistol. Hal itu berkat penggunaan tiga roket hybrid Nammo yang dikombinasikan dengan sebuah mesin Rolls-Royce EJ200 jet dari Eurofighter-Thypoon.
 
"Dengan menggunakan satu mesin jet saja kita dapat mencapai kecepatan 640 km/jam. Jika kita ingin mendapat kecepatan supersonik bisa dilakukan adalah meningkatkan tenaga sampai penuh. Di kecepatan 480 km/jam, dia (Andy) akan mengaktifkan roket sampai kecepatannya mencapai 1.600 km/jam,” jelas Mark Chapman, Chief Engineer Bloodhound SSC.
 
Roket hybrid digunakan hanya selama 20 detik untuk membantu akselerasi mobil.

Bloodhound SSC mampu berakselerasi dari 0 sampai 1.680 km/jam dalam 40 detik.

Untuk mendukung kecepatan tersebut, bodi didesain khusus menggunakan material yang mampu beradaptasi dengan kecepatan supersonik. Selain itu, roda juga menggunakan bahan khusus yang mampu berputar lebih dari 10 ribu kali dalam satu menit.

Sementara pada September 2015, tim akan membawa mobil Bloodhounds SSC ke Hakskeen Pan di Northern Cape, Afrika Selatan, untuk pengujian. Mobil akan dilajukan hingga mencapai kecepatan 1.200 km/jam, sebagai persiapan sebelum pemecehan rekor 1.600 km/jam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini