Share

Ketahui Penyebab Motor Mogok di Jalan

Pius Mali, Okezone · Rabu 22 April 2015 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 21 15 1137940 ketahui-penyebab-motor-mogok-di-jalan-OJlowVtvmA.jpg Ilustrasi Servis Motor (Okezone)

JAKARTA – Saat dikendarai adakalanya mesin sepeda motor mati tiba-tiba atau mogok. Kondisi ini tentu merepotkan, apalagi jika kita ada keperluan penting yang harus cepat tiba di lokasi.

"Mesin mati mendadak atau kita menyebutnya mogok sering kali disebabkan karena tiga hal, yaitu bahan bakar kosong, tidak ada pengapian, dan tidak ada kompresi," jelas Venus Adha, Quality Assurance Development Head Wahana Makmur Sejati (WMS).

Penyebab bensin habis sepertinya relatif jarang dialami karena biasanya bikers sudah mengantisipasi dengan mengisi terlebih dahulu tangki. Karena itu ada dua kemungkinan penyebab lainnya, yakni tidak ada pengepian dan kompresi.

Untuk memastikannya bikres bisa melakukan cara sederhana, yakni membuka busi. Hal yang perlu diperhatikan adalah keamanan jangan sampai percikan api menyambar bahan muadh terbakar.

"Untuk memastikan adanya kompresi, kita harus penempelkan ibu jari kita pada permukaan lubang busi. Jika dirasa tekanannya cukup besar, berarti kompresi cukup baik. Untuk pengecekan ini pastikan bahwa kunci kontak dalam kondisi “off” (agar tidak terjadi percikan api)," ujarnya.

Sementara untuk mengecek pengapian, contoh pada motor injeksi yang saat ini banyak dipakai, pastikan busi tetap berada pada lubangnya, gunakan busi lain untuk memastikan adanya pengapian atau percikan api pada busi. Sebaliknya, dalam pengecekan ini posisi kunci kontak harus “on” agar ada arus listrik.

"Namun untuk mengetahui penyebab yang lebih pastinya, pengendara harus membawa motornya ke bengkel agar dapat memastikan penyebabnya. Selain itu tekanan kompresi yang standar dapat diukur dengan alat yang dinamakan Compresion Gauge," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini