Share

Motor Ganti BBM Premium ke Pertalite Bisa Jarang Diservis

Santo Evren Sirait, Okezone · Senin 20 April 2015 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 20 15 1137216 motor-ganti-bbm-premium-ke-pertalite-bisa-jarang-diservis-q5kFS6juwJ.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) akan meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru yakni pertalite. BBM jenis baru ini memiliki researh octane number (RON) 90 atau lebih tinggi ketimbang premium yang 88.

Sepeda motor yang biasanya diisi bensin RON 88 lalu pindah ke RON 90 dianggap justru lebih bagus, apalagi untuk tunggangan keluaran terbaru. "Motor sekarang (terbaru) dikasih oktan 90 lebih bagus, bisa-bisa jarang servis motor," ujar Andri Irwan, penggawa bengkel modifikasi Chemonk Modified, kepada Okezone.

Sementara itu mengenai pembakaran, Andri menegaskan RON 90 lebih sempurna ketimbang RON 88.

"Motor akan terasa lebih irit karena pembakarannya bagus karena kebakar semua dibanding yang oktan rendah kadang-kadang tidak semua terbakar. (Oktan rendah) pembakarannya agak kurang, kecuali dibuat kompresi low untuk oktan di bawah RON 90 pasti lebih bagus kebakar," terangnya.

Namun, lebih dianjurkan mengisi bensin harus sesuai kompresi yang sudah ditetapkan pabrikan motor.

"Semua bahan bakar itu berhubungan dengan ruang bakar dan pastinya bergantung besaran kompresi motor," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini