Share

Hal yang Memengaruhi Usia Shockbreaker Motor

Santo Evren Sirait, Okezone · Kamis 02 April 2015 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 01 15 1127897 hal-yang-memengaruhi-usia-shockbreaker-motor-Pt86Pr8Xj8.jpg Hal Yang Memengaruhi Usia Shockbreaker Motor (Faultabsorbers)

JAKARTA - Suspensi atau lebih akrab disebut shockbreaker merupakan salah satu perangkat penting pada sepeda motor. Suspensi berfungsi sebagai peredam goncangan saat motor melaju di aspal apalagi di medan jalan yang tidak rata.

Sama seperti perangkat motor lainnya, suspensi juga butuh perawatan dan punya usia pemakaian. Ada beberapa hal yang memengaruhi panjang atau pendeknya usia suspensi, salah satunya kondisi jalan.

Doddy, mekanik Bengkel 3 Putra, Jakarta, mengatakan, menghindari jalan berlubang sangat berpengaruh terhadap kondisi suspensi. "Jangan dipaksa dan terobos terus. Kalau perawatan suspensi baik, bisa tahan lama, tapi kalau kotor (banyak debu atau partikel) tidak sampai enam bulan suspensi sudah tidak enak," tuturnya.

Baik suspensi depan maupun belakang harus sering diperhatikan, bila perlu gunakan pelumas khusus agar suspensi tidak mudah aus dan meminimalisasi gesekan.

"Beri pelumas atau gemuk pada bagian yang sering bergesekan," ujarnya.

Terkait banyaknya suspensi aftermarket yang saat ini mudah didapat, ia mengatakan, hal itu sah-sah saja, namun yang harus diketahui kualitasnya berbeda.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini