Share

April Mop, dari Pembalap F1 Twitter-an hingga Mobil Nintendo

Anton Suhartono, Okezone · Rabu 01 April 2015 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 01 15 1127505 april-mop-dari-pembalap-f1-twitter-an-hingga-mobil-nintendo-axDyVDPp2D.jpg April mop di dunia automotif, setir mobil FI bisa untuk Twitter-an (Twitter @redbullsmotors)

JAKARTA - Tanggal 1 April juga biasa disebut dengan "April Fools Day" atau "April Mop". Kata "fools" merupakan bahasa Inggris yang berarti menipu, sedangkan "mop" diambil dari bahasa Belanda yang berarti lelucon.

Tanggal tersebut identik dijadikan ajang berkelakar membohongi rekan atau orang lain. Hal ini juga terjadi di dunia automotif di mana brand kendaraan atau pihak lain membuat joke melalui media sosial tentang kendaraan baru yang dirilis atau hal lainnya.

Berikut beberapa joke April Fool di dunia automotif yang sempat populer beberapa tahun terakhir sebagaimana dikutip dari Autoexpress:

1. Pada 1 April 2014, akun Twitter Red Bull Motorsport, @redbullsmotors, menulis, "Formula 1 akan menguji setir di Bahrain yang memungkinkan pembalap bisa mengirim tweet selama balapan berlangsung.”

Di dalam foto juga tampak tweet di setir salah satu pembalap berisi "Baru saja melewati Kimi". Tentu saja pembalap tidak mungkin disibukkan dengan mengirim tweet saat balapan berlangsung.

2. Pada 1 April 2015 muncul pemberitaan Mercedes Benz akan meluncurkan mobil van AMG Sprinter 63S yang dilengkapi mesin V8 twin turbo 4,0 liter. Mobil tersebut mampu menyemburkan tenaga 503 HP.

Tentu untuk ukuran mobil van komersial tidak mungkin atau kecil sekali kemungkinan dilengkapi mesin seperti mobil sport. Apalagi, sang majikan bisa keteteran dengan tagihan bahan bakarnya.

3. Pada 1 April 2014 muncul informasi bahwa brand mobil Vauxhall meluncurkan edisi khusus Astra Copacobana edisi Piala Dunia 2014 di Brasil. Eksterior mobil dipenuhi dengan segala hal tentang Brasil, seperti gambar bendera di atap mobil dan grafis di bodi samping. Sementara di interior, jok dilengkapi dengan rumput seperti di lapangan sepakbola, lantai kendaraan dipenuhi pasir, serta terdapat mesin pembuat cocktail.

4. Akun Twitter @Mazda_UK merilis foto model MX-5 dengan empat tempat duduk. “Kami sangat senang berbagi dengan Anda foto pertama Mazda MX-5 empat duduk.”

Mazda memproduksi MX-5 atau juga dikenal dengan Miata sebagai mobil coupe dan convertible yang pastinya hanya dilengkapi dua tempat duduk.

5. Pada 1 April Fool 2008, produsen mobil Korea Selatan, Kia, mengaplikasikan Nintendo Wii pada model KEE-Wii konsep. Disebutkan, KEE-Wii bisa dikemudikan tanpa setir dan pedal konvensional, melainkan melalui joystick game. Pengendaliannya pun bisa dilakukan dari kursi belakang.

Sebuah imajinasi bagaimana seorang anak bermain game yang tentunya tidak sama dengan seseorang mengemudikan mobil.

Namun, ada juga kabar yang awalnya sempat dianggap fools tapi menjadi kenyataan, yakni mobil BMW M3 convertible yang disulap menjadi pikap pada 2011. Mobil itu sempat dicoba di Sirkuit Nurburgring. Bobotnya 50 kilogram lebih ringan dari M3 varian coupe. Kecepatan maksimumnya mencapai 290 kilometer per jam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini