Share

Evolusi Toyota Camry

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 01 April 2015 05:35 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 31 15 1127281 evolusi-toyota-camry-di-indonesia-w90wBgTbBE.jpg Evolusi Toyota Camry di Indonesia (Carspecblog)

JAKARTA - Toyota Camry lahir pertama kali di Jepang pada 1982 dan hanya dipasarkan di sana. Kemudian seiring kemunculan generasi ketiga pada 1990 Toyota mulai melebarkan sayap dengan memasarkan Camry ke luar Jepang seperti Amerika, Australia, dan Eropa. Sejak 1998, Camry mulai masuk Indonesia melalui Toyota Astra Motor (TAM).

Di Indonesia Camry merupakan generasi keempat dan kehadirannya untuk menggantikan Corona Absolute yang produksinya sudah dihentikan. Saat itu, TAM menawarkan Camry dalam dua varian saja, yakni 2,2 GLX transmisi manual dan 3,0 V6 Grande transmisi otomatis.

Pada 2002, munculah generasi kelima Camry. Desain luar Camry berubah jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Bagian lampu depan dan grille terlihat lebih besar. Model ini, menawarkan mesin lebih besar empat silinder berkapasitas 2.400 cc dengan VVT-i, sementara itu mesin V6 masih sama.

Masuk ke 2006, Toyota kembali melahirkan generasi ke-6 Camry. Bentuknya semakin besar dan mewah. Soal dapur pacu, Toyota masih mempertahankan mesin 2,4 L, namun di negara lain ada tambahan mesin 2,4 L hybrid.

Sementara itu, mesin V6 ditingkatkan dari 3,0 liter menjadi 3,5 liter. Pada 2010, generasi keenam mendapat penyegaran mulai dari bumper, grille, lampu depan, dan mesin ditingkatkan dari sebelumnya 2,4 liter menjadi 2,5 liter.

Generasi ketujuh Camry meluncur di Amerika Serikat pada 2011, kemudian di tahun berikutnya barulah Indonesia mendapat giliran untuk merasakan sedan mewah tersebut. Untuk generasi ketujuh, Camry mendapat banyak perombakan, baik dari sisi eksterior maupun interior.

Tersedia dalam tiga pilihan mesin, yakni 2,5 HV (hybrid vehicle), 2.5 V, dan 2.5 G. Ketiga model tersebut dibekali dengan transmisi CVT untuk versi hybrid.

Pada Rabu 1 April 2015 TAM kembali meluncurkan new Camry di Indonesua. Sedan yang didatangkan langsung dalam bentuk utuh dari Thailand itu mengalami perubahan, terutama di bagian eksterior.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini