Share

Toyota Agya, LCGC Pertama yang Diekspor

Anton Suhartono, Okezone · Selasa 31 Maret 2015 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 31 15 1126876 toyota-agya-lcgc-pertama-yang-diekspor-lVNNvBbXg3.jpg Toyota Agya mobil LCGC pertama Indonesia yang diekspor (Foto: Okezone)
JAKARTA - Ekspor mobil Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan banyaknya negara yang menjadi tujuan ekspor serta semakin beragamnya produk yang dikirim.
 
Selain Fortuner, Avanza, dan Kijang Innova, TMMIN juga sudah mengekspor mobil low cost green car (LCGC) Agya.
 
Agya merupakan mobil LCGC pertama di Indonesia yang diekspor. Pengiriman pertama kali dilakukan pada Februari 2014 dengan volume ekspor mencapai sekira 500 unit per bulan. Tujuan utama ekspor dari saudara kembar Ayla itu adalah Filipina.
 
Selain Agya, TMMIN juga melakukan debut ekspor sedan Vios pada Maret 2014. Tak tanggung-tanggung, mobil yang diekspor mencapai 1.500 unit per bulan di tahap awal. Selanjutnya, volume ekspor Vios ditingkatkan menjadi 3.500 unit per bulan.
 
"Sebagai perusahaan manufaktur yang berorientasi ekspor, kami berupaya menciptakan daya saing guna memenangkan persaingan di pasar global yang semakin ketat, salah satunya dengan meningkatkan kedalaman industri," ungkap Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN, kemarin.
 
TMMIN memiliki lima fasilitas produksi, yakni di dua pabrik kawasan Sunter, Jakarta Utara; dan tiga di Karawang, Jawa Barat. Di Sunter terdapat pabrik Sunter 1 dan Sunter 2. Sunter 1 memproduksi mesin dan fasilitas pengepakan untuk komponen yang diekspor. Sedangkan Sunter 2 merupakan fasilitas pengecoran blok mesin serta pengepresan bodi kendaraan.
 
Sementara di Karawang, TMMIN memiliki dua pabrik produksi kendaraan terpadu, mulai pengepresan, pengelasan, pengecatan, hingga perakitan yang menghasilkan produk kendaraan utuh, di antaranya Kijang Innova, Fortuner, Vios, dan Yaris. Pabrik Karawang 1 dan 2 mampu memproduksi 250 ribu unit kendaraan per tahun.
 
Selain itu, TMMIN kini tengah merampungkan pembangunan tempat baru bernama Pabrik Mesin Karawang. Pabrik tersebut direncanakan mulai beroperasi pada semester I-2016.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini