Share

Empat Hal Penting tentang Ban Motor

Santo Evren Sirait, Okezone · Jum'at 27 Maret 2015 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 26 15 1124759 empat-hal-penting-tentang-ban-motor-EKG4g3HST0.jpg Empat Hal Penting tentang Ban Motor (Motorcyclenews)

JAKARTA - Ban merupakan bagian penting dalam mendukung laju sepeda motor. Selain itu ban juga menopang beban kendaraan dan penumpang, menyerap goncangan, meneruskan pengereman pada permukaan jalan, dan sebagainya.

Technical Service Departement Astra Motor, Rangga Noviar, menegaskan, fungsi ban motor jangan pernah disepelekan. "Berikan banyak perhatian pada dua karet hitam itu bila ingin selamat dan aman selama mengendarai motor," ungkapnya.

Berikut empat hal yang harus dicermati saat memeriksa ban;

1. Tekanan Ban

Tekanan ban depan pada umumnya berkisar 29 sampai 30 Psi, sedangkan ban belakang 32-33 Psi. Jika ban digunakan dengan tekanan yang kurang dari standar normal bisa memperpendek usia pakainya. Karena itu, jangan lupa mengecek dan memperbaiki tekanan ban sepeda motor secara periodik. Selain itu, agar tekanan ban tetap terjaga, disarankan menggunakan nitrogen. Sebab, nitrogen memiliki molekul lebih besar dibanding dengan angin biasa.

2. Ketebalan Ban

Ketebalan ban memengaruhi kinerja motor. Cara mmudah mengecek ketebalan dengan melihat TWI (Tread Wear Indicator), yaitu tanda yang dibuat pabrikan untuk mengecek ketebalan. Tanda tersebut bisa dilihat di bagian samping ban dengan kode segitiga. Jika kode tersebut ditarik lurus ke bagian tengah telapak ban akan ditemukan indikator. Jika ketebalan ban sudah sejajar dengan indikator tersebut, maka disarankan segera menggantinya.

3. Alur Ban

Sebelum melakukan pemasangan ban pada pelek atau rim, pastikan alur putaran ban sudah sesuai dengan arah laju motor. Jika terbalik dapat memengaruhi pergerakan ban dan sistem handling motor.

4. Ukuran Ban

Jangan menggunakan ban lebih kecil atau besar dari standar yang sudah ditentukan pabrikan. Sebab, ban dengan ukuran lebih besar dapat menyebabkan traksi berlebihan, sehingga mengurangi performa motor atau menghambat laju kendaraan. Sebaliknya, jika menggunakan ukuran ban yang lebih kecil, dapat menyebabkan sulitnya proses pengendalian motor, terutama saat belok atau menikung. Sebab, bidang sentuh ban sangat kecil.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini